Komando Distrik Militer (Kodim) 1504 Ambon bersama warga di kawasan Air Besar, Kecamatan Baguala, melakukan aksi bersih lingkungan demi menjaga kelestarian alam di wilayah itu.

"Program karya bakti lingkungan ini merupakan wujud kepedulian Kodam XVI/Pattimura terhadap masyarakat di seluruh wilayahnya, khususnya di sektor lingkungan hidup," ucap Dandim 1504 Letkol Inf Leo Octavianus M Sinaga dalam keterangan yang diterima di Ambon, Maluku, Jumat.

Aksi bersih lingkungan tersebut dilakukan TNI bersama warga di di RT 09/RW 03 Air Besar, Desa Halong, Kecamatan Baguala, Kota Ambon.

"Ini juga untuk meningkatkan kolaborasi antara TNI dengan warga setempat dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih dan indah," katanya.

Sementara itu Babinsa Desa Halong, Serda Afandi, mengatakan Program Karya Bakti Jum’at Bersih Lingkungan tersebut sebagai wujud tugas dan tanggung jawab serta  sinergitas dengan pemerintah daerah gunamewujudkan lingkungan Kota Ambon yang sehat, bersih, aman, indah, dan rapi.

"Jika lingkungan bersih, maka warga juga akan merasa nyaman. Selain itu kegiatan ini juga bisa menjadi contoh untuk seluruh warga Kota Ambon," kata Serda Afandi.

Ia mengatakan kegiatan aksi bersih lingkungan itu menyasar permukiman warga, sungai, dan tempat pembuangan sampah yang sudah tak terurus.

"Syukurnya pemerintah desa setempat mulai dari RT, RW, staf Desa Halong, serta masyarakatnya memberikan antusiasme yang cukup tinggi untuk kegiatan ini," katanya.

Pada kegiatan itu warga setempat bergotong royong membersihkan limbah rumah tangga, rumput liar, ranting, dan aliran sungai yang terpapar kotoran akibat tumpukan sampah organik.

Ia berharap dengan adanya Program Karya Bhakti Jum’at Bersih Lingkungan di wilayah Kodim 1504/Ambon membawa manfaat bagi warga setempat dan dapat mengedukasi seluruh masyarakat Kota Ambon  agar lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024