Dinas Pertanian (Distan) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menyalurkan bantuan bibit  bawang sebanyak 13 ton bagi petani di daerah itu guna memenuhi kebutuhan dan menjaga ketersediaan stok sehingga harga menjadi lebih stabil.

"Selain bantuan bibit kami juga dan menyediakan prasarana produksi guna mendorong para petani terus menanam berbagai bahan pokok," kata Kepala Dinas Pertanian  Kota Ternate, Thamrin Marsaoly di Ternate, Rabu.

Ia menyebutkan bantuan diberikan kepada  lebih dari 150  kelompok tani yang tersebar di kota Ternate  serta   diberikan pembinaan guna  mendorong semangat petani  menyediakan kebutuhan tanaman hortikultura.

Menurut dia, bantuan bibit bagi petani ini diharapkan bisa dimanfaatkan untuk menanam, sehingga pada momentum Idul Fitri, kebutuhan bawang bisa dipasok dari pedagang lokal dengan harga yang terjangkau.

Oleh karena itu, Distan Ternate berharap dengan adanya bantuan berupa bibit kepada petani  maka saat  lebaran nanti, petani dapat memenuhi pasokan  bawang dengan kapasitas  mencapai 90 ton untuk kebutuhan masyarakat di Ternate.

Sebelumnya, Distan Ternate juga melakukan pengembangan hortikultura seperti sayuran, cabai dan tomat  guna memenuhi kebutuhan pasar setempat yang saat ini baru  65 persen.

Dia mengakui untuk konsumsi warga di kota Ternate selama ini sebahagian besar komoditas hortikultura  harus datangkan dari Halmahera dan Sulawesi.

"Sehingga kita terus memotivasi petani sebagai pelaku utama sektor pertanian guna meningkatkan dan mengembangkan sektor ini," kata Thamrin .

Thamrin berharap ke depan secara bertahap sektor pertanian mampu tumbuh positif dan menyokong pertumbuhan ekonomi untuk menyediakan kebutuhan pangan, sehingga memberikan dampak optimal bagi daerah dan kesejahteraan para petani. 

Pihaknya juga menargetkan petani di Ternate akan menyuplai berbagai kebutuhan sayur-mayur, cabai dan tomat ke berbagai pusat perbelanjaan guna memenuhi kebutuhan masyarakat di Maluku Utara.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024