Gubernur Maluku Murad Ismail dan istrinya Widya Pratiwi Murad menyalurkan hak pilih Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Kelurahan Tihu Kota Ambon.

"Kami berharap pemilu kali ini seluruh warga dapat menyalurkan hak pilihnya, menggunakan hak suara," ucap Gubernur Murad di Ambon, Rabu.

Mengenakan pakaian putih dengan kopiah di kepalanya, Murad sempat mengantre sebelum namanya dipanggil untuk masuk ke bilik suara.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Gubernur Murad mendapat nomor urut 173 di TPS yang berada di halaman Kantor Kelurahan Tihu, Jalan Ir. M. Putuhena itu.

Murad terdaftar di TPS 01 Tihu dari total sebanyak 296 pemilih di TPS tersebut, sementara istrinya Widya Pratiwi terdaftar pada urutan 281.

Baca juga: Gubernur Maluku beberkan capaian prestasi di hadapan Mendagri

Usai melakukan pencoblosan, di hadapan awak media Murad mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Maluku memastikan pemilu terselenggara dengan aman, lancar dan kondusif di  11 kabupaten kota di daerah itu.

"Yang terpenting pemilu ini harus langsung, umum, bersih, jujur dan adil," katanya.

Pada kesempatan lain gubernur mengatakan proses pemilihan anggota DPD/DPR/DPRD, termasuk pasangan calon presiden wakil presiden, serta kepala daerah saat ini cukup rawan di kalangan pendukung selama proses pendaftaran maupun deklarasi. Oleh sebab itu masyarakat juga diimbau untuk menghindari konflik internal dan eksternal seperti unjuk rasa yang berpotensi rusuh.

"Suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024 tidak hanya menjadi tanggung jawab dari penyelenggara pemilu saja dalam hal ini KPU, Bawaslu dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, tetapi juga menjadi tanggung jawab kita bersama, termasuk pemerintah serta TNI/Polri dalam pengamanan penyelenggaraan pemilu," katanya.

Baca juga: Gubernur Malut harapkan Pemilu berjalan aman dan demokratis

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024