Kepolisian Daerah (Polda) Maluku menggelar Operasi Keselamatan Lalu Lintas Salawaku secara serentak di provinsi itu selama 4-17 Maret 2024.

“Operasi keselamatan lalu lintas dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024, berlangsung selama 14 hari,” kata Wakapolda Maluku Brigjen Pol Stephen M Napiun di Ambon, Minggu (3/3).

Operasi tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia dengan tema "Keselamatan berlalu lintas guna terwujudnya Indonesia maju".

Ia mengatakan permasalahan bidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis.

Hal ini, katanya, sebagai konsekuensi meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca juga: Polda Maluku gelar operasi Zebra Salawaku tindak pelanggar lalu lintas

Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, kata dia, dibutuhkan peran serta seluruh pengguna jalan agar mampu meningkatkan kampanye keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.

"Selain itu, juga diperlukan koordinasi bersama antara instansi pemerintah lainnya yang selama ini dirasakan masih perlu ditingkatkan," ujarnya.

Ia mengatakan operasi itu untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunkan angka fasilitas korban kecelakaan, dan pelanggaran lalulintas.

Sasaran operasi ini, meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas, baik sebelum, pada saat, dan pasca-operasi.

"Operasi keselamatan Salawaku 2024 merupakan jenis operasi harkamtibmas bidang lalu lintas yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif guna meningkatkan simpati masyarakat terhadap lalu lintas," ucap dia.

Baca juga: Polda Maluku Utara gelar simulasi pengamanan TPS pengamanan Pemilu 2024

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024