Badan Narkotika Nasional (BNN) Maluku menyosialisasikan bahaya minuman beralkohol dan narkoba bagi pemuda pada lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 di Dusun Bandari Kecamatan Rumahtiga Ambon.

“Masyarakat Maluku harus paham bahwa narkoba sangat tidak baik, jahat, membunuh dan menyusahkan, bukan individu saja, namun berpengaruh kepada keluarganya dan masyarakat sekitar, sehingga masyarakat harus diedukasi untuk tidak menyentuh, mengenal apalagi menggunakan narkoba,” kata perwakilan tim penyuluh BNN Maluku Luluk di Ambon, Kamis.

Luluk menjelaskan penggunaan narkoba memiliki banyak bahaya dan dampak negatif yang serius, baik bagi individu yang menggunakannya maupun masyarakat secara keseluruhan.

Penggunaan narkoba dapat menyebabkan kerusakan fisik yang serius. Misalnya, penggunaan opioid dapat menyebabkan penurunan fungsi pernapasan, overdosis, dan kematian.

Demikian juga penggunaan stimulan seperti kokain atau methamphetamine dapat menyebabkan kerusakan organ, serangan jantung, stroke, dan kegagalan organ

Baca juga: BKKBN Maluku sosialisasikan kesehatan reproduksi di Buru Selatan

“Narkoba dapat memiliki dampak negatif yang signifikan pada kesehatan mental. Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan gangguan kecemasan, depresi, psikosis, dan gangguan jiwa lainnya. Penggunaan narkoba juga dapat memicu perubahan suasana hati yang drastis dan meningkatkan risiko perilaku impulsif atau agresif,” katanya.

Ia melanjutkan bahwa narkoba memiliki potensi adiktif yang kuat, sehingga pengguna dapat menjadi tergantung dan sulit untuk berhenti menggunakannya.

Ketergantungan narkoba dapat mengarah pada gangguan kehidupan sehari-hari, masalah keuangan, masalah hubungan, dan masalah hukum.

Penyalahgunaan narkoba juga dapat merusak hubungan sosial dan mempengaruhi produktivitas dan kinerja seseorang di tempat kerja atau sekolah. Hal ini dapat berdampak negatif pada keuangan pribadi, peluang karir, dan masa depan individu.

“Penting untuk menyadari bahaya dan risiko yang terkait dengan penyalahgunaan narkoba. Jika anda atau seseorang yang anda kenal memiliki masalah dengan narkoba, sangat penting untuk mencari bantuan medis dan dukungan yang tepat untuk pemulihan dan rehabilitasi,” tuturnya.


Baca juga: BKKBN Malut sosialisasikan tujuh dimensi lansia tangguh

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024