Dua warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Perempuan (LPP) kelas III Ambon mengikuti lomba Majelis Tilawatil Quran (MTQ) dan dakwah menyemarakkan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 tahun 2024.

“Alhamdulillah untuk seleksi tahap awal WBP Lapas Perempuan Ambon lolos ke tahap selanjutnya. Kami mengirimkan dua orang WBP untuk mengikuti lomba MTQ dan dakwah antarwarga binaan di seluruh Indonesia pada tahap penyisihan, mudah-mudahan keduanya lolos ke tahap final,” ungkap Kepala LPP Ambon, Fifi Firda, di Ambon, Selasa.

Fifi mengatakan kedua WBP tersebut masing-masing mengikuti lomba secara daring dengan pendampingan dari pihak lapas.

Meski begitu dirinya menyampaikan rasa bangganya atas partisipasi aktif dan semangat yang ditunjukkan oleh para peserta dalam lomba ini.

“Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan oleh Kementerian Hukum dan HAM melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) sebagai upaya untuk membina dan memotivasi para WBP dalam meningkatkan kualitas spiritualitas serta kemampuan membaca Al Quran dan dakwah mereka,” ujar Fifi.

Baca juga: Dua peserta terbaik PTQ RRI Ternate ke PTQ nasional di Yogyakarta
 

Sementara itu WBP berinisial AO, peserta lomba dakwah, mengaku senang dengan adanya kegiatan ini karena dapat mengasah kemampuan dakwah yang dimilikinya.

“Saya senang sekali bisa mengikuti lomba dakwah, ini merupakan pengalaman pertama saya ikut lomba dakwah, semoga kegiatan dakwah seperti ini berlanjut supaya pengetahuan kita tentang berdakwah terus bertambah,” tuturnya.

Sedangkan WBP lainnya peserta lomba MTQ, YS, membacakan Surah Ali-Imran dimulai dari ayat 144. Nantinya, yang lolos ke babak final adalah lima orang pada masing-masing kategori yang akan dilaksanakan pada 20 Maret 2024.

Pada kegiatan lomba MTQ dan dakwah ini waktu yang diberikan untuk tampil maksimal 10 menit. Kedua peserta dari LPP Ambon tampil semangat dan percaya diri.

Baca juga: Lapas Perempuan Ambon layani pengantaran takjil bagi warga binaan selama Ramadhan

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024