Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, Maluku Utara (Malut) telah mempersiapkan sebanyak 22 kapal untuk melayani angkutan arus mudik Lebaran tahun 2024.

"22 kapal yang disiapkan untuk angkutan mudik lebaran itu, setelah dilakukan pengecekan bersama dengan tim dari Direktorat Perkapalan dan Kelautan dan semuanya dinyatakan layak," kata Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Laut KSOP Kelas II Ternate, Plening Gil Alnursa di Ternate, Jumat.

Arus Mudik Lebaran tahun 2024 ini KSOP Kelas II Ternate mempersiapkan tiga Pelabuhan yang akan melayani pemudik dari dan ke Ternate.

Dia mengatakan, ketiga pelabuhan itu yakni Pelabuhan Dufa - Dufa di Kecamatan Ternate Utara dan Pelabuhan Bastiong di Kecamatan Ternate Selatan.

Selanjutnya, kata dia, Pelabuhan Ahmad Yani Ternate yang berada di wilayah Kecamatan Ternate Tengah dan pelabuhan terbesar di provinsi ini sekaligus menjadi Posko Utama dari KSOP Ternate dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2024.

Baca juga: KSOP Ambon prediksi puncak arus mudik Lebaran pada 30 Maret 2024

"Kami prediksi untuk puncaknya diperkirakan tanggal 30 Maret,"ungkap Plening Gil Alnursa.

KSOP Ternate memperkirakan arus mudik Lebaran 2024 naik 20 persen untuk pemudik yang keluar maupun tiba di Ternate.

"Tahun ini arus mudik dari dan ke Ternate diperkirakan sebanyak 110.786 orang jika dibandingkan dengan tahun lalu yakni 92.322 orang," kata Plening.

Untuk cuaca ini, lanjut dia, masih normal sesuai dengan laporan dari BMKG setempat.

Baca juga: KSOP Ambon sediakan 2.120 kuota untuk mudik gratis

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024