Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mendistribusikan sebanyak 2.200 kupon paket kebutuhan pokok pada kegiatan pasar murah menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kupon paket kebutuhan pokok didistribusikan bagi warga di dua lokasi pasar murah di Kawasan dusun Air ali dan Taman Pattimura, " Kata Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena, di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan, pasar murah tahun ini Pemkot Ambon menerapkan sistem subsidi, masyarakat bisa membeli paket menggunakan kupon yang sebelumnya sudah dibagikan ke masyarakat melalui perangkat desa, negeri dan kelurahan.

Paket yang disediakan yaitu sebanyak 2.2200 paket dengan besaran subsidi Rp81 ribu, dimana semula harga satu paket sebesar Rp136 ribu, sehingga dapat dibeli masyarakat hanya dengan Rp55 ribu.

Baca juga: Unpatti gelar pemeriksaan kesehatan dan pasar murah sambut hari jadi

Paket, terdiri dari Telur satu rak, Gula Pasir dan Terigu satu kilogram, Susu Kental Manis satu Kaleng, Minyak Goreng satu Liter dan mentega.

"Melalui pasar murah diharapkan bisa membantu meringankan beban masyarakat, di mana bulan Ramadhan terjadi kenaikan harga karena permintaan yang tinggi yang, juga harapan ke depan bahwa program ini bisa lebih masif dan lebih luas jangkauan, sehingga bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Kota.

Ia mengatakan, pasar murah merupakan agenda tetap Pemkot Ambon menjelang hari besar keagamaan, dengan tujuan memberikan kesempatan kepada masyarakat kurang mampu untuk memperoleh kebutuhan pokok, melalui penjualan paket sembako dengan harga murah karena disubsidi oleh pemerintah.

Baca juga: Perum Bulog Maluku gelar pasar murah jelang Idul Fitri 2024

Melalui kegiatan ini juga , Pemerintah memastikan masyarakat memiliki daya beli bagi ketersediaan bahan pokok, sebab sudah menjadi mekanisme pasar, harga barang pokok akan meningkat jelang hari raya keagamaan.

"Pemkot melakukan intervensi lewat Pasar Murah pada wilayah yang menurut pengamatan masyarakatnya membutuhkan intervensi, sehingga di tahun ini Pasar Murah dilaksanakan pada dua lokasi," ujarnya.

Pihaknya berharap, pelaksanaan Pasar Murah Pemkot Ambon dapat tepat sasaran, yakni dapat mencukupi kebutuhan pokok bagi masyarakat ekonomi rendah jelang perayaan Idul Fitri.

Baca juga: Bantu sediakan bahan pokok, Kodam XVI/Pattimura gelar pasar murah jelang Idul Fitri

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024