Ternate (Antara Maluku) - Arus balik di Bandara Babullah Ternate, Maluku Utara (Malut), pada H+5 masih nampak ramai, meskipun telah berakhirnya masa libur dan cuti hari raya Idul Fitri.

Kepala Otoritas Bandara Baabullah Ternate, Taslim Badaruddin mengatakan di Ternate, Selasa, meskipun saat ini telah berakhir masa libur dan cuti hari raya Idul Fitri, namun tingkat arus balik pada H+5 yang menggunakan jasa penerbangan di Bandara Babullah nampak ramai.

Sehingga, dari maskapai penerbangan yang beroperasi dari dan ke Bandara Babullah Ternate pada Agustus tahun 2012 total secara keseluruhan penumpang yang diangkut sebanyak 100 ribu lebih penumpang.

Ia mengatakan, dari data jumlah penumpang tersebut, tercatat untuk seluruh gabungan penumpang pesawat Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Expres Air, Wings Air dan NBA.

Sehingga, dari catatan tersebut, angkutan dalam periode tahun ini terjadi peningkatan traffic penumpang sebesar 15 persen dibandingkan dengan angkutan penerbangan pada periode sebelumnya.

Dirinya juga memprediksi tingkat angkutan penumpang yang melalui jalur pesawat di bandara udara baabullah dalam tahun ini akan cenderung meningkat karena saat ini kecenderung warga Malut yang berangkat keluar daerah lebih cenderung memilih naik pesawat dibandingkan dengan menggunakan kapal laut.

Sedangkan, dari pantauan arus balik lebaran pada H+5 sejak kemarin di Bandara Babullah Ternate, terlihat padat jika dibandingkan dengan hari ini, terutama yang akan berangkat ke luar Malut usai merayakan Idul Fitri di daerah ini.

Sementara itu, Petugas Bandara Babullah Ternate, Zainal ketika dikonfirmasi mengaku, dari tujuh penerbangan yang berangkat di Bandara Babullah Ternate semuanya full terisi penumpang, begitu pula untuk harga tiket terutama kelas bisnis itu naik jika dibandingkan dengan harga normal.

Selain itu, untuk tiket Ternate - Jakarta misalnya, pesawat Garuda Indonesia harga tiketnya yang semula Rp1,5 juta naik menjadi Rp3,2 juta.

Begitu pula untuk tiket pesawat Sriwijaya Air rute Ternate - Jakarta yang semula Rp1,3 juta pada H+5 itu, naik menjadi Rp2,8 juta dan rute Ternate-Makassar naik Rp700 ribu menjadi Rp1,4 juta.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013