Ambon (Antara Maluku) -Kantor Imigrasi Kelas I Ambon mendukung lomba layar Internasional Darwin - Ambon Yacht Race (DAYR) 2013 yang akan dimulai 17 Agustus 2013, dengan menempatkan petugas di lokasi finis.

"Kami akan menempatkan petugas di lokasi finish di Negeri Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, secara bergantian selama perlombaan itu berlangsung," Kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Ambon Nanang Koesdarjanto di Ambon, Kamis.

Dia menjelaskan, dukungan itu sudah menjadi kewajiban sebab terkait dengan tugas keimigrasian menyangkut dengan peserta lomba yang datang dari berbagai negara.

"Jadi kami tetap berada di lokasi finis dikawasan wisata pantai Negeri Amahusu selama peserta lomba layar masih berada," ujarnya.

Nanang mengatakan, dukungan seperti ini bukan saja dilakukan pada tahun 2013 tetapi setiap tahun lomba layar Darwin - Ambon ini dilaksanakan.

"Lomba layar tahun 2013 menurut informasi akan diikuti oleh 23 peserta terjadi peningkatan bila dibandingkan tahun 2012 yang hanay diikuti sembilan perahu peserta," katanya.

Peserta akan dilepas dari Pelabuhan Darwin, Australia Utara, pada 17 Agustus 2013, lanjutnya, dan berdasarkan perhitungan perahu layar pertama akan tiba di Pantai Desa Amahusu 20 Agustus, dan jika tidak ada halangan seluruh perahu tiba pada 22 Agustus 2013.

Ia menjelaskan DAYR merupakan kegiatan kota kembar yang telah digelar sejak 1976 sebagai bentuk kebersamaan serta meningkatkan kualitas persaudaran.

Lomba layar yang sudah dilaksanakan sejak tahun 1976 itu harus dibina dan dipertahankan sebab Darwin-Ambon merupakan kota kembar.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013