Kepolisian Daerah (Polda) Maluku melakukan audit kinerja terhadap Kepolisian Resor (Polres) Buru Selatan (Bursel) sebagai upaya pencegahan terjadinya penyimpangan oleh anggota.

"Ini dilaksanakan dengan tujuan agar tidak terjadi penyimpangan maupun pelanggaran terhadap perencanaan maupun pengorganisasian terkait kinerja kesatuan," kata Irwasda Polda Maluku yaitu Kombes Pol. Marthin Luther Hutagaol, Ambon, Kamis.

Ia berharap, dengan dilakukannya pengawasan dan pemeriksaan ini, anggota dapat semaksimal mungkin menghindari terjadinya penyimpangan oleh satuan kerja baik yang didukung dengan anggaran maupun kegiatan rutin sesuai dengan program kerja yang telah direncanakan.

"Disini kita bukan mencari kesalahan, namun mencari solusi dengan mengingatkan para pelaksana bila ada kekurangan dalam penyerapan maupun pelaksanaan," ujarnya.

Kunjungan tim tersebut, melakukan pengawasan dan pemeriksaan tentang kesiapan administrasi terkait aspek perencanaan, pengorganisasian dan manajemen administrasi di bidang operasional, bidang SDM (Sumber Daya Manusia), bidang manajemen Logistik (Sarana dan Prasarana) dan bidang manajemen Anggaran Keuangan (Garkeu).

Kapolres Buru Selatan AKBP M. Agung Gumilar mengatakan, sebagai satuan wilayah di bawah Polda Maluku yang baru beroperasi tahun 2022 dan baru didukung anggaran dalam operasional-nya pada 2023 diharapkan pelaksanaan ini menjadi sarana pengawasan dan pengendalian pelaksanaan tugas kepolisian di Polres Bursel.

"Semoga ini menjadi rangka peningkatan mutu kualitas kinerja sehingga hasilnya diharapkan dapat diterima oleh masyarakat Bursel maupun pemerintah daerah dalam mendukung harkamtibmas serta pembangunan di daerah ini ke depannya dengan aman, nyaman dan lancar," kata Agung.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Irwasda Polda Maluku beserta Tim di Polres Buru Selatan dan Jajarannya, dengan dilaksanakannya audit tahap satu di bidang perencanaan dan peorganisasian ini dapat bermanfaat terhadap pelaksanaan tugas Polres Bursel yang lebih baik lagi kedepannya dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024