Spesialis Kedokteran Olahraga mengingatkan masyarakat Kota Ambon, Maluku  agar mengonsumsi susu yang cukup protein serta rutin beraktivitas fisik sejak dini demi meningkatkan kekuatan massa otot.

“Pola hidup sehat, termasuk mengonsumsi cukup protein sejak dini, akan menjadi landasan bagi anak-anak dan remaja untuk melanjutkan kebiasaan sehat hingga usia dewasa nanti,” kata Dokter Olahraga dr Andhika Respati, di Ambon, Sabtu. 

Hal ini disampaikan dalam memperingati Hari Susu sedunia pada 1 Juni 2024, dilakukan di 20 titik di seluruh Indonesia termasuk Ambon, yang diwadahi pusat komunitas bersama organisasi hingga media.

Menurut dr Andhika, susu yang cukup protein  penting dalam masa pertumbuhan, termasuk untuk pembentukan tulang yang sehat dan kuat hingga fungsi kognitif, sehingga asupan protein haruslah dipenuhi dengan baik sebagai bagian dari pola makan sehat di masa kanak-kanak. 

Ia menjelaskan, kekuatan otot mampu menjadi prediktor umur panjang karena dapat menjadi indikator kesehatan sistem neuromuskular (jaringan neuromuskular yang sehat dan fungsional). 

“Sayangnya saat menginjak usia 30 tahun, manusia kehilangan sekitar 3  hingga  8 persen massa otot setiap dekadenya. Laju pengurangan massa otot akan semakin tinggi seiring dengan bertambahnya usia,” ujarnya 

Untuk  mendukung kerja fungsi tubuh yang baik termasuk menjaga massa otot tetap optimal, ia melanjutkan,  angka kecukupan protein yang disarankan berdasarkan Angka Kecukupan gizi 2019 untuk pria usia 19 - 64 tahun adalah sebesar 65 gram per hari, dan 60 gram per hari untuk wanita usia 19 - 64 tahun.

Sementara itu, Area Marketing Executive Nutrifood Muhamad Fadhil Nugraha mengatakan, saat ini Hilo menghadirkan susu protein dalam kemasan praktis.

Yang mana tidak hanya tinggi protein, namun juga mengandung HMB,  senyawa yang bermanfaat untuk membangun otot, serta mencegah hilangnya massa otot seiring dengan pertambahan usia. 

“Selain komitmen untuk menginspirasi hidup sehat, Hilo juga percaya bahwa hidup sehat tidak bisa lepas dari dukungan pada bidang pendidikan dan lingkungan,” katanya.

Ia berharap, Hilo dapat terus menginspirasi tumbuh kuat bersama, melalui produk dan kampanye yang dilakukan dengan cara yang menyenangkan.

 

 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024