Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mengimbau masyarakat membeli minyak tanah secukupnya dan tidak membeli secara berlebihan.

"Kami mengimbau masyarakat untuk membeli dan memanfaatkan minyak tanah dengan bijak. Dengan begitu tidak akan terjadi kelangkaan yang dampaknya merugikan banyak orang," kata Penjabat Wali Kota Ambon, Dominggus Kaya, Sabtu.

Ia mengatakan, kondisi yang terjadi di Ambon saat ini masyarakat kesulitan memperoleh minyak tanah, sementara Pertamina memastikan stok minyak tanah aman dan rutin menyalurkan ke agen maupun pangkalan.

Karena itu pihaknya mengingatkan kepada pangkalan minyak yang berada di kota ini, agar tidak melakukan praktek nakal, yakni mengambil keuntungan dengan cara menimbun minyak tanah untuk dijual kembali dengan harga yang tinggi.

Jika ditemukan ada pangkalan yang nakal atau melakukan penimbunan lalu kemudian melakukan penjualan cara berlebihan serta mengambil keuntungan, maka itu adalah tindakan melanggar hukum dan pasti sanksi.

Sementara itu Ketua DPC Hiswana Migas Maluku, Anes Leleury mengatakan, hasil pengawasan yang dilakukan di sejumlah pangkalan ditemukan banyak warga yang membeli di luar wilayah tempat tinggal.

"Misalnya pengawasan kami di kecamatan Nusaniwe, menurut pemilik pangkalan minyak tanah banyak pembeli yang datang dari luar wilayah tempat tinggal mereka, " katanya.

Salah satu solusi, pemilik pangkalan harus lebih selektif dalam menjual minyak tanah, apapun yang terjadi mereka harus menjual ke masyarakat di sekitar wilayah.

Selain itu juga pihaknya mengimbau pangkalan untuk menjual minyak tanah maksimum 10 liter per kepala keluarga.

Pihaknya mengajak masyarakat untuk tidak melakukan pembelian secara berlebihan, selain itu pangkalan minyak agar melayani warga di sekitar lokasi, sehingga warga masyarakat di sektor tersebut terlayani dengan baik.

"Kami menyampaikan kepada masyarakat, stok minyak tanah aman, sehingga masyarakat tidak perlu panik atau melakukan pembelian dalam jumlah besar karena stok minyak tanah bagi masyarakat di kota ini aman," katanya.

Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku menjamin stok minyak tanah di Kota Ambon, Maluku, mencukupi hingga Idul Adha 1445 Hijriah.

Ketahanan stok minyak tanah mencapai 17 hari dan LPG mencapai 158 hari, diperkirakan cukup untuk memenuhi kebutuhan selama Idul Adha 1445H.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024