Calon anggota Legislatif (Caleg) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) berhasil meraih suara signifikan pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 8 Kelurahan Tabona untuk DPRD Kota Ternate berlangsung pada Sabtu.

Ketua KPU Kota Ternate, M Zen Karim di Ternate, Sabtu, mengatakan, sebanyak 241 pemilih menyalurkan suaranya di TPS 8 itu tiga caleg dari Partai Nasdem berhasil memperoleh suara signifikan dan mampu mengantarkan tambahan satu kursi untuk Partai Nasdem di DPRD Kota Ternate.

"Proses rekapitulasi berjalan secara lancar dan tidak terkendala, dimana dari DPT 285 pemilih, tercatat menggunakan hak pilih sebanyak 241 pemilih, 31 orang tidak diketahui, tiga orang meninggal dunia, dua orang pindah domisili," ujarnya.

Dirinya menyebut, hasil rekapitulasi untuk hasil PSU di tingkat kecamatan hingga ke kota akan disampaikan ke KPU Malut untuk ditindaklanjuti.

Berdasarkan hasil rekapitulasi PSU di TPS 8 Tabona itu, Caleg Partai Nasdem nomor urut 7 Ade Rahmat meraih 135 suara, nomor Muhammad Gifari 56 suara, Jasmaan Abubakar nomor urut 1 meraih 17 suara.

Oleh karena itu, dengan suara yang diraih caleg Partai Nasdem berhasil menggeser caleg terpilih dari PDIP nomor urut 2 yakni Nurain Thaib  meraih 10 suara. Kemudian d PKS nomor urut 1 memperoleh 9 suara, Partai Golkar Amin Subuh meraih 1 suara,  PKB dan Demokrat 1, suara rusak sebanyak 5 suara dan suara untuk partai Nasdem 2 suara.

Ketua KPU menyebut, pihaknya akan melakukan rekapitulasi hingga ke tingkat KPU Kota Ternate untuk hasil perolehan suara di PSU 8 Kelurahan Tabona.

Akan tetapi, dari hasil PSU TPS 8 Kelurahan Tabona itu, Partai Nasdem memastikan mengamankan dua kursi di dapil II, Ternate Selatan-Moti. Bertambahnya kursi Nasdem membuat PDIP harus rela kehilangan kursi satu-satunya di dapil tersebut.

Partai Nasdem berhasil menjadi pemenang di PSU tersebut dengan total perolehan suara caleg partai yakni Ade Rahmat Lamadehami 136 suara, di urutan kedua Muhammad Ghifari Bopeng 56 suara, dan Djasman Abubakar 17 suara.

Berdasarkan hasil tersebut, Ghifari menjadi peraih suara terbanyak partai Nasdem, dengan perolehan suara 1.327, Ade Rahmat memperoleh 1.314 suara, dan Djasman Abubakar meraih 1.304 suara.

Berdasarkan hasil tersebut, Nasdem Kota Ternate memastikan menambah 1 kursi di dapil dua,  Ternate Selatan - Pulau Moti, yakni Muhammad Ghifari di kursi pertama dan Ade Rahmat di kursi kedua.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Ternate, AKP Rizal Fauzi dihubungi menyatakan, PSU yang berlangsung di TPS 8 Kelurahan Tabona untuk DPRD Kota Ternate pihaknya menerjunkan 100 personel untuk mengamankan jalannya pencoblosan hingga penghitungan suara berlangsung secara aman dan demokratis.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024