Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah (Malteng) mengemukakan bahwa media massa berperan penting untuk menyebarkan informasi pemberitaan yang akurat dan kredibel tentang Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di daerah itu.

“Menjelang kontestasi Pilkada serentak 2024, media berperan penting dalam memberikan informasi yang akurat dan berimbang kepada masyarakat,” kata Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Maluku Tengah, Julius Boro dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Senin.

Hal itu dikatakannya dalam Peluncuran tahapan Pilkada Maluku Tengah 2024 yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Maluku Tengah.

Menurutnya media memiliki tanggung jawab besar dalam menyampaikan proses dan perkembangan Pilkada kepada publik, sehingga masyarakat dapat membuat keputusan pemilihan yang tepat berdasarkan informasi yang benar.

Peran media untuk memberitakan informasi akurat tersebut sebagai implementasi dalam menangkal hoaks yang rentan terjadi ditengah derasnya sebaran informasi seperti saat ini.

Pasalnya hoaks yang tidak dikendalikan akan berpotensi memicu aksi massa dan kekerasan yang berdampak pada jatuhnya korban.

Selain itu ia juga mengatakan bahwa peluncuran tahapan Pilkada merupakan awal yang sangat penting dalam rangkaian proses demokrasi yang akan menentukan masa depan daerah.

“Pemilihan kepala daerah adalah momen krusial bagi masyarakat untuk menentukan pemimpin yang akan membawa arah pembangunan dan kesejahteraan,” katanya.

Oleh karena itu kata dia sangat penting bagi semua pihak, baik penyelenggara pemilu, partai politik, calon peserta, serta seluruh elemen masyarakat, untuk menjaga integritas, transparansi, dan profesionalitas dalam setiap tahapan yang dilalui.

Untuk itu juga mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam setiap tahapan Pilkada ini. Partisipasi aktif masyarakat tidak hanya menunjukkan kedewasaan dalam berdemokrasi, tetapi juga memastikan bahwa proses ini berjalan dengan lancar, aman, dan damai.

“Marilah kita semua bersinergi untuk menciptakan suasana yang kondusif, saling menghormati, dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi,” tuturnya.

Hadir pada kesempatan itu, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Maluku Tengah, Anggota Forkopimda Kabupaten Maluku Tengah, para asisten, staf ahli, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Maluku Tengah, Ketua Badan Pengawas Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Maluku Tengah, pimpinan partai politik, anggota PPK, serta tamu undangan lainnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024