Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku menggelar donor darah dengan mengumpulkan 66 kantong darah untuk Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Ambon.

"Dalam semangat gotong royong dan kepedulian terhadap sesama, 66 orang ASN Kanwil Kemenkumham Maluku ikut serta dalam kegiatan Bakti Sosial Donor Darah menyambut Hari Bhakti Pengayoman ke-79," kata ketua panitia kegiatan donor darah Kemenkumham Maluku Raden Indra Iskandarsyah di Ambon, Selasa.

Ia mengungkapkan bahwa kegiatan itu diikuti oleh para pegawai dari berbagai satuan kerja Kemenkumham Maluku di Kota Ambon.

Menurutnya, setiap tetes darah yang terkumpul memiliki arti yang sangat besar, karena dapat menyelamatkan nyawa pasien yang membutuhkan transfusi darah pada berbagai rumah sakit di Kota Ambon.

Ia menambahkan bahwa bakti sosial ini juga merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Kanwil Kemenkumham Maluku.

“Dalam setahun, kegiatan bakti sosial donor darah semacam ini minimal dilaksanakan tiga kali yakni pada saat peringatan Hari Bakti Imigrasi, Hari Bakti Pemasyarakatan, dan Hari Pengayoman,” ujarnya.

Pengambilan darah dilakukan petugas Palang Merah Indonesia Kota Ambon. Selanjutnya puluhan kantong darah tersebut dibawa ke laboratorium untuk diuji kelayakannya agar nantinya bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang menjalani perawatan di rumah-rumah sakit.

Indra berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan darah di bank darah Kota Ambon.

Sebab kata dia selain memberikan manfaat bagi masyarakat, kegiatan donor darah juga memberikan dampak positif bagi para pendonor.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenkumham Maluku Hendro Tri Prasetyo mengatakan bakti sosial ini tidak hanya dilakukan di dalam Kota Ambon tetapi juga dilaksanakan di beberapa titik di luar Pulau Ambon.

"Diharapkan masyarakat yang membutuhkan dapat merasakan manfaat dari kegiatan ini," ujarnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024