Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku menyatakan bahwa sebanyak 30 dokter baru lulusan perguruan tinggi itu siap membantu pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan di Provinsi Maluku dengan mengabdi di desa-desa.

"Sejak berdiri Fakultas Kedokteran (FK) Unpatti memiliki visi untuk meningkatkan derajat kesehatan di Provinsi Maluku, dan sampai saat ini FK Unpatti masih terus komitmen dengan visi tersebut," kata Rektor Unpatti Prof Freddy Leiwakabessy di Ambon, Kamis.

Hal itu dikatakannya saat pengambilan sumpah 30 dokter lulusan FK Unpatti di Kota Ambon.

Ia mengatakan bahwa komitmen kuat tersebut dipegang teguh oleh Unpatti lantaran saat ini masih ada puskesmas di Maluku yang belum merasakan pelayanan kesehatan yang baik karena tidak adanya tenaga dokter.

"Oleh sebab itu kami berharap 30 lulusan FK Unpatti yang baru disumpah ini juga bersama-sama memegang teguh komitmen itu demi peningkatan pelayanan kesehatan di Maluku terutama di desa-desa," kata dia.

Disamping itu, dalam upaya mendukung ketersediaan tenaga dokter khususnya di pulau-pulau kecil di Maluku, pemerintah kabupaten/kota harus mengirimkan putra putri terbaik daerahnya untuk melanjutkan kuliah di Fakultas Kedokteran, sehingga ketika lulus nanti mereka dapat kembali untuk mengabdi di daerah masing-masing dan menjadi motor penggerak bagi kemajuan kesehatan desa.

“Jadi perlu adanya perhatian pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota dalam hal pendistribusian dan penempatan dokter lulusan Unpatti, terutama di pusat-pusat pelayanan yang membutuhkan tenaga dokter, sehingga semua masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan,” tuturnya.

Rektor berharap adanya sinergisitas antara Unpatti dengan pemerintah untuk memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh dokter-dokter lulusan FK Unpatti, sehingga mereka dapat diberdayakan dan dimanfaatkan bagi pengembangan kualitas kesehatan masyarakat di Provinsi Maluku.

Sementara saat ini berdasarkan data yang ada, Unpatti telah meluluskan sebanyak 430 dokter yang telah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024