Penjabat Gubernur Maluku meminta para pejabat administrator di daerah itu untuk meningkatkan wawasan teknologi informasi (TI) bagi peningkatan pelayanan publik.

"Hal itu untuk meningkatkan kemajuan bangsa serta mewujudkan pemerintahan berkelas dunia, yang merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab kita sebagai penyelenggara pelayanan publik,” kata Pj Gubernur Maluku Sadali Ie dalam keterangan yang diterima di Ambon, Kamis.

Sadali mengatakannya, saat menutup Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan X bagi PNS lingkup Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kota Ternate dan Bawaslu Provinsi Maluku.

Sadali menyampaikan bahwa para pemimpin harus mampu memimpin perubahan dengan memanfaatkan, mengembangkan, menguasai ilmu dan teknologi yang inovatif, dalam rangka memacu pelaksanaan pembangunan Nasional.

“Hal ini juga akan menjadi rangkaian proses dalam mendukung terwujudnya harapan bangsa untuk menjadi Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

Ia menegaskan, dalam menghadapi berbagai tantangan birokrasi ke depan, perlu mempersiapkan diri menjadi aparatur yang tidak hanya berkompeten secara intelektual, namun memiliki keterampilan yang mampu bertanggung jawab dalam menyelesaikan tantangan tersebut, yang merupakan bentuk profesionalitas birokrat.

“Sehingga masyarakat dapat melihat dan memberi pengakuan terkait kinerja pemerintahan yang baik,” tambahnya.

Ia berharap kepada seluruh peserta, melalui penyelenggaraan pelatihan kepemimpinan yang telah diberikan ini, dapat menjadi bekal dan proses dari langkah besar dalam menghasilkan ide-ide dan kreatifitas sebagai birokrasi yang memberikan pelayanan publik profesional, serta mampu beradaptasi dengan perkembangan maupun tantangan yang telah terjadi.

Gubernur juga mengharapkan agar peserta PKA, yang telah dinyatakan lulus ini, akan menjadi pejabat administrator yang unggul dan dapat menjadi figur panutan karena telah melalui proses penilaian kelulusan yang baik dari tahapan pelatihan ini.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024