Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku bekerja sama dengan program Skala kolaborasi Pemerintah RI-Australia meningkatkan kompetensi analis kebijakan di Maluku guna memaksimalkan layanan pada masyarakat.

"Pemerintah Provinsi Maluku terus berupaya melakukan sejumlah kebijakan strategis, dalam pemenuhan pelayanan dasar, diantaranya peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di mana perlu dilakukan inovasi-inovasi, untuk meningkatkan penataan kelembagaan, maupun perluasan kerja sama,” ujar Plh Sekda Maluku Syuryadi Sabirin di Ambon, Rabu.

Hal itu dikatakannya dalam lokakarya Penulisan Dokumen Rekomendasi Kebijakan untuk Peningkatan Layanan Dasar di Provinsi Maluku.

Sabirin menyampaikan bahwa dalam pemenuhan pelayanan dasar di Provinsi Maluku, yang merupakan Provinsi Kepulauan, seringkali diperhadapkan dengan banyak tantangan dan masalah.

Oleh sebab itu melalui lokakarya ini diharapkan dapat meningkatkan layanan dasar di Provinsi Maluku baik dalam aspek dukungan kebijakan manajerial serta kelembagaan.

Sabirin menambahkan program ini sejalan dengan arah kebijakan Daerah Provinsi Maluku, maka standar pelayanan minimal, pengarusutamaan gender, inklusi sosial, penguatan pengelolaan sistem informasi dan perencanaan, dan pengembangan anggaran yang inklusif berbasis skala, serta mendorong kepemilikan lokal yang efektif, adalah solusi dari permasalahan pemenuhan pelayanan dasar di Provinsi Maluku.

"Kebijakan yang baik, adalah kebijakan yang tidak hanya diambil berdasarkan intuisi, opini dan kepentingan sektoral, oleh karena itu dalam setiap kebijkan membutuhkan peran analis kebijakan," ucapnya.

Sabirin mengharapkan, melalui kegiatan ini analis kebijakan dapat meningkatkan kompetensinya, agar apa yang diterima, dapat bermanfaat bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan terutama dalam hal pelayanan dasar.

Sementara itu program Skala sendiri adalah program kerja sama antara Australia dan Indonesia yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan dan ketimpangan. Skala merupakan singkatan dari Sinergi dan Kolaborasi untuk Akselerasi Layanan Dasar.

Program Skala akan dilaksanakan selama delapan tahun, dibagi menjadi dua fase. Fase pertama berlangsung dari Januari 2023 hingga Desember 2026, dan fase kedua berlangsung dari Januari 2027 hingga September 2030.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024