Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr  Johannes Leimena Ambon, Maluku  menyerahkan hasil tes kesehatan pasangan bakal calon kepala daerah pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

“Kami telah menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah dari enam kabupaten/kota yang diserahkan langsung oleh Direktur utama RSUP Leimena ke perwakilan KPU kabupaten/kota,” kata Ketua Tim Pemeriksa dr  Saleh Tualeka, di Ambon, Rabu.

Ia mengatakan, penyerahan ini sudah sesuai dengan tahapan, yang mana sebelum diserahkan kepada direktur, tim medis telah melaksanakan pleno hasil pemeriksaan tersebut.

“Hasil yang kami serahkan itu adalah hasil yang tertutup berupa surat kesehatan dan surat hasil pemeriksaan narkoba. Dan dua surat ini menjadi bagian dari kelengkapan para bakal calon,  nanti diumumkan langsung oleh masing-masing KPU,” ujarnya.

Ia menyampaikan  layanan ini bertujuan memastikan  bakal calon kepala daerah memenuhi syarat kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kami memberikan pelayanan yang terbaik dan akurat dalam pemeriksaan kesehatan bagi para bakal calon kepala daerah. Hal ini penting agar proses pemilihan dapat berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan,” ucap Saleh.

Sementara itu, Ketua KPU Maluku M. Shaddeq Fuad mengatakan, pihaknya juga telah menerima hasil tes kesehatan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Maluku.

“Kami masih harus rapat pleno dulu baru nanti diumumkan hasil tes pemeriksaan kesehatan dari para bakal calon kepala daerah ini di masing-masing KPU kabupaten/kota maupun provinsi,” katanya. 

Sebelumnya, untuk pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon kepala daerah tersebut, RSUP Leimena menyiapkan tim kesehatan sebanyak 27 dokter, dengan rincian dokter spesialis 23 orang, dokter umum tiga orang,  satu  dokter gigi serta tim pendukung sebanyak 33 orang.

Pelaksanaan pemeriksaan bakal calon dilaksanakan selama tiga hari, pada  30 Agustus sampai dengan 1 September 2024.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024