Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon mengadakan "Naval Base Open Day" atau pameran alutsista untuk masyarakat menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI AL.

"Kegiatan tersebut bertujuan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengenal lebih dekat alutsista milik Lantamal IX Ambon," kata Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Suwandi di Ambon, Maluku, Minggu.

Ia menjelaskan bahwa Lantamal IX menampilkan dua unsur kapal perang Republik Indonesia (KRI) yaitu KRI Posepa 870 dan KRI Layaran 854, serta satu unsur ambulans laut dan satu unsur sea rider satrol Lantamal IX.

"Hari Jadi ke-79 TNI AL yang diperingati pada 10 September. Ini juga sebagai upaya mengedukasi masyarakat," ujar Danlantamal IX.

Kegiatan pameran alutsista oleh Lantamal IX Ambon tersebut disambut antusias oleh ratusan masyarakat yang terdiri dari siswa Paud, TK, SD, SMP hingga orang dewasa yang ingin mengenal lebih dekat alutsista yang dimiliki TNI Angkatan Laut.

Tak hanya itu, dalam menyambut HUT ke-79 TNI AL Lantamal IX Ambon juga bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Ambon dengan menggelar donor darah sebagai wujud kepedulian TNI Angkatan Laut khususnya Lantamal IX Ambon dalam membantu ketersediaan stok darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Kegiatan tersebut juga diikuti oleh ratusan personel, perwira tinggi hingga masyarakat," katanya.

Ia berharap bahwa pada usia yang ke-79 TNI AL dapat selalu memberikan manfaat tidak hanya bagi institusi tetapi juga bagi masyarakat, salah satunya melalui kegiatan donor darah ini.

Sementara itu PMI Kota Ambon juga terbuka bagi siapa saja yang ingin melakukan aksi donor darah guna memenuhi ketersediaan stok kantong darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024