Petinju Maluku Welmy Pariama memastikan satu tiket ke semifinal kelas 66-70 kilogram putri pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024.

"Welmy Pariama mengalahkan Salomina Yarisetouw dari Papua," kata Ketua Harian Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Maluku Ongky Nanulaitta saat dihubungi dari Ambon, Minggu.

Ongky menjelaskan bahwa pertarungan antara petinju kebanggaan Maluku Welmy melawan wakil Papua Salomina merupakan pertandingan yang layak menjadi partai final.

Pasalnya kedua petinju itu tercatat selalu bertemu di final sejak PON Jawa Barat 2016 bahkan saling mengalahkan.

"Terakhir di PON XX Papua, Welmy takluk dari Salomina di partai final. Akhirnya saat itu Salomina meraih medali emas sedangkan Welmy perak. Kini di PON XXI Aceh-Sumatera Utara, giliran Welmy menaklukan Salomina di perempat final," ujarnya.

Ia menuturkan bahwa pada pertandingan di PON Aceh-Sumut kali ini kedua petinju beradu taktik pukulan untuk menyelesaikan pertandingan dengan cepat.

"Empat dari lima hakim juri memberikan penilaian yang memenangkan Salomina di ronde satu. Memasuki ronde kedua, Welmy tampil lebih agresif. Pukulan-pukulan Welmy terlihat tepat sasaran ke tubuh di Salomina. Penampilan agresif Welmy membuat ronde dua menjadi miliknya. Karena berdasarkan penilaian hakim juri, Welmy unggul atas Salomina pada ronde dua," katanya.

Pada ronde ketiga Welmy mampu menguasai jalannya pertandingan meskipun Salomina tampil lebih agresif namun Welmy mampu menggagalkan serangan-serangan yang diberikan oleh Salomina.

Ia mengatakan Welmy menggunakan pola serangan menunggu dan menyerang balik saat Salomina lengah. Bahkan wasit sempat dua kali memberikan hitungan kepada Salomina setelah Welmy berhasil mendaratkan pukulan tepat di rahang.

"Pada babak semifinal Welmy Pariama akan bertarung melawan wakil Papua Barat Miranda Leonora untuk memperebutkan tiket ke final," ucapnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024