Ternate (Antara Maluku) - Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Ternate, Maluku Utara (Malut), melakukan pengawasan terhadap tingkat kebersihan dan keamanan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Ake Qua Bahari yang diproduksi PDAM kota Ternate.

Kepala Dinas Kesehatan kota Ternate, Nurbaity Radjabesy di Ternate, Kamis, mengatakan, pihaknya menerjunkan personel untuk uji laboratorium dan izin dari Kementerian Kesehatan, telah dikantongi PDAM.

"Untuk izin dan uji laboratorium, telah dilakukan dan khusus untuk izin, itu diterbitkan pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan," katanya.

Meski demikian, kata Nurbaity, pihaknya tetap melakukan pengawasan terhadap kebersihan dan mutu air yang diambil dari sumber Ake Ga`Ale kelurahan Sangaji tersebut.

Nurbaity mengatakan, pihaknya tetap melakukan pengawasan terkait mutu dan tingkat kebersihan, sehingga air yang diproduksi, memang benar-benar sehat dan aman dikonsumsi.

"Kita tetap melakukan pengawasan terhadap kualitas, baik segi kesehatan maupun mutu, sehingga air yang diproduksi PDAM melalui Ake Qua, benar-benar aman dan sehat untuk dikonsumsi masyarakat kota Ternate," ujar Nurbaity.

Sementara itu, di tempat terpisah, Direktur Utama, PDAM Ternate, Syaiful Djafar mengklaim, kualitas Ake Qua, tidak jauh berbeda dengan produk air mineral yang dipasok dari luar kota Ternate.

Menurut Syaiful, setelah melakukan uji laboratorium beberapa waktu lalu, kualitas air pada kemasan Ake Qua, bahkan lebih baik.

"Kadar HO-nya itu, dibawah 50, itu artinya lebih baik dari salah satu produk air mineral ternama yang kadar HO-nya masih 90," ujar Syaiful.

Ia mengakui, produk Ake Qua yang dikelola PDAM Ternate, merupakan sebuah produk lokal yang memiliki kualitas terbaik, sebab diambil dari sumber air bersih di kawasan Ake Ga"Ale, sehingga aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Syaiful berharap, warga kota Ternate untuk menggunakan produk lokal, sebab kebersihan dan mutu produk lokal, terjamin dan bertanggungjawab.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014