Kepolisian Daerah (Polda) Maluku bersinergitas dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Maluku dalam menyampaikan pesan damai menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

"Kami sangat mengapresiasi inisiatif MUI Maluku dalam menyampaikan pesan damai dan berharap sinergitas terus berjalan dengan baik untuk menjaga kamtibmas di wilayah ini," kata Kapolda Maluku Irjen Pol Eddy Sumitro Tambunan, di Ambon, Selasa.

Hal ini disampaikan Eddy Sumitro Tambunan dalam pertemuan silaturahmi dengan Ketua MUI Abdullah Latuapo yang berlangsung di Markas Polda Maluku, Kota Ambon.

Kedatangan Ketua MUI disambut hangat oleh Kapolda Maluku. Eddy menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada MUI telah bekerja sama dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif.

Terkait dengan rencana pelaksanaan musyawarah daerah MUI pada 7 - 8 Oktober 2024, Kapolda menyatakan dukungan penuh, dan dirinya juga akan berupaya agar dapat menghadiri kegiatan tersebut.

“Kegiatan musyawarah daerah ini sangat baik untuk mempererat hubungan dan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas bagi seluruh tokoh-tokoh agama di Maluku,” ujarnya.

Ketua MUI Maluku Abdullah Latuapo menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Maluku atas kesediaan waktu dan kesempatannya menerima kunjungan silaturahmi tersebut.

Ia mengungkapkan program pesan damai yang sebelumnya dijalankan pada kegiatan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Kabupaten Maluku Barat Daya, telah sukses dilaksanakan.

"Dukungan dari Forkopimda setempat sangat luar biasa, sehingga program pesan damai akan diteruskan ke Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku Tengah, dan Seram Bagian Timur," katanya.

Pada pertemuan itu, Latuapo juga menginformasikan rencana dilaksanakannya musyawarah daerah MUI. Acara tersebut akan dihadiri para pengurus dari 11 kabupaten/kota, tokoh agama, serta pimpinan organisasi Islam lainnya.

Dia berharap Kapolda Maluku berkenan hadir dan memberikan materi dalam kegiatan musyawarah daerah MUI tersebut.

Dalam pertemuan itu turut dihadiri Wakil Kapolda Maluku Brigjen Pol Samudi, Irwasda dan Direktur Intelkam Polda Maluku. Sementara dari MUI juga hadir Wakil Ketua MUI Provinsi Maluku, Abdul Kadir, dan Wakil Sekretaris MUI Provinsi Maluku.

"Kegiatan silaturahmi berlangsung aman, tertib, dan penuh kehangatan. Ini mencerminkan kuatnya kolaborasi antara aparat keamanan dan pemuka agama di Provinsi Maluku dalam menjaga kedamaian di tengah masyarakat," ujarnya.
 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024