Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate, Maluku Utara (Malut) menggelar Latihan SAR Satuan atau peningkatan dan pengembangan keterampilan dalam bidang pencarian dan pertolongan di permukaan air.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate Fathur Rahman di Ternate, Minggu, menjelaskan bahwa peningkatan dan pengembangan kompetensi ini sangat penting dan dapat menjadi bekal pada saat melaksanakan operasi SAR, khususnya di Malut yang sebagian besar wilayah perairan.

Fathur mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menjalankan tugas pokok Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan dalam memberikan jasa pelayanan SAR, dimana didukung oleh sumber daya manusia yang mempunyai keahlian dan standar kompetensi di bidang pencarian dan pertolongan.

Untuk itu, lanjut Fathur, para rescuer yang terpilih dalam kegiatan pelatihan dan pengembangan kompetensi di permukaan air ini diharapkan mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya.

Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari, mulai dari 28 s/d 29 September 2024, diikuti oleh Personel Kansar Ternate, Pos SAR Tobelo dan Unit Siaga SAR Morotai sebanyak 22 peserta dengan  materi dan aplikasi lapangan yang dilaksanakan di D'aloha Resor Jababeka Kabupaten Pulau Morotai, dengan du orang instruktur dari Kantor SAR Ternate.

Ia menambahkan pihaknya juga menggelar pelatihan Peningkatan Kompetensi Petugas SAR Underwater (Scuba Dive) Rescuer. Pelatihan itu untuk meningkatkan kesiapsiagaan SAR di perairan wilayah kerja Basarnas Ternate.

Dia mengatakan wilayah kerja Basarnas Ternate didominasi oleh perairan dan kondisi ini menimbulkan risiko kedaruratan seperti terjadinya kecelakaan di perairan.



"Basarnas Ternate mempunyai tugas dan tanggung jawab terhadap risiko tersebut dengan memberikan sarana latihan kepada para rescuer agar dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensi pencarian dan pertolongan di air," ujarnya.

Kegiatan ini juga menjadi sarana meningkatkan kerja sama dan koordinasi dengan potensi SAR yang ada di wilayah kerja Basarnas Ternate.

Adapun rescuer yang menjadi peserta pelatihan sebanyak 17 orang yang berada di Basarnas Ternate, Pos SAR Tobelo, dan Unit Siaga SAR Morotai.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024