Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melaksanakan deklarasi ikrar netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Ikrar netralitas ASN Pemkot Ambon disampaikan saat kegiatan sosialisasi netralitas ASN, sebagai komitmen ASN untuk selalu netral pada Pilkada Serentak 2024, di Ambon, Kamis.

Penjabat Wali Kota Ambon, Dominggus N Kaya mengatakan, Ikrar netralitas ASN pada pilkada 2024 dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pilkada tahun 2024.

Ikrar dibacakan Asisten I Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat, Selly Kalahatu dengan membacakan enam poin ikrar yakni menjaga dan menegakkan prinsip netralitas pegawai ASN pada Pilkada 2024.

Kedua, tidak memiliki afiliasi dan atau menjadi pengurus dan atau anggota partai politik dan tidak pernah menjadi anggota legislatif dari parpol.

Tidak menggunakan atau meminjamkan aset milik pemerintah untuk kegiatan politik praktis yg terkait dengan pilkada 2024.

Menghindari konflik kepentingan, dengan tidak melakukan praktik-praktik intimidatif dan ancaman kepada ASN dan seluruh elemen masyarakat, serta tidak memihak kepada peserta Pilkada.

Selanjutnya, menggunakan media sosial secara bija, tidak digunakan untuk mendukung peserta Pilkada tertentu, dan tidak melakukan kampanye hitam menyebarkan pejalan kebencian serta berita bohong.

Menolak politik uang dan segala jenis pemberian dalam bentuk apapun.

ikrar netralitas ASN katanya, bermakna bahwa semua ASN dilarang terlibat dalam politik praktis.

Larangan tersebut, dimulai sejak penetapan pasangan calon. Ikrar ini sebagai pelindung bagi ASN yang dilarang melakukan politik praktis.

Ia mengatakan, ikrar netralitas merupakan bentuk komitmen ASN Pemkot Ambon untuk sama-sama melaksanakan Pilkada Serentak dalam menjaga integritas dan netralitas.

“Kehadiran ASN adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan memberikan kenyamanan kepada semua pihak dengan melakukan ketidakberpihakan pada siapapun,” ujarnya.

Ia menambahkan, melalui ikrar diharapkan adanya komitmen bersama untuk menjaga integritas ASN agar tidak dilibatkan dalam kegiatan politik, yang nantinya akan merugikan ASN.

“Mari bersama kita sukseskan Pilkada Serentak dan adil, sehingga kita dapat merayakan pesta demokrasi dengan aman dan kondusif,” katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024