Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon Maluku melibatkan mahasiswa dan alumni dalam pengembangan perguruan tinggi negeri (PTN) bertaraf dunia.

"Mari bersama beri kontribusi pikiran dan praktek baik kita bagi pengembangan Unpatti," kata Rektor Unpatti Prof Freddy Leiwakabessy di Ambon, Sabtu.

Hal itu dikatakannya dalam Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) atau Focus Group Disscussion (FGD) tentang visi, misi dan tujuan rancangan statuta Universitas Pattimura.

Menurut Rektor Freddy, melalui FGD yang dilakukan ini dapat secara langsung mendengarkan aspirasi mahasiswa dan alumni secara terpimpin dan tak menimbulkan kontroversi seperti aksi demonstrasi.

"FGD yang dilaksanakan ini juga merupakan momen penting dalam rangka menata organisasi Unpatti berdasarkan pada aturan-aturan yang harus dipahami bersama sebagai acuan untuk pengembangan unpatti unggul, bersinar menjadi world class university atau kampus bertaraf dunia," ujarnya.

Pasalnya kata dia tim penyusunan statuta Universitas Pattimura telah melakukan berbagai pengkajian terhadap regulasi pendukung yang menjadi sumber referensi atau acuan dalam penyusunan statuta dan telah melewati mekanisme serta tahapan yang merupakan syarat pemenuhan penyusunan statuta.

"Tim juga telah mengikuti lokakarya penyusunan statuta, Benchmarking ke Universitas yang telah melakukan transformasi dari PTN BLU ke PTN-BH, serta membangun diskusi ke Biro Hukum kementerian, oleh sebab itu penting untuk kita dengarkan masukan dan pendapat mahasiswa dan alumni," ungkap rektor.

Selain itu FGD itu juga melibatkan pemerintah daerah dan pemangku kebijakan sehingga kebutuhan daerah dapat diakomodir dalam penyusunan statuta Universitas Pattimura.

Ketua Tim Penyusunan Statuta Unpatti Prof Tony D Pariela, menjelaskan terkait Visi, Misi dan tujuan Statuta Universitas Pattimura, dijelaskan bahwa Visi Universitas Pattimura (Unpatti) adalah menjadi pusat pengembangan sumber daya manusia, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang unggul, berkarakter, berbudaya, dan berbasis laut pulau.

Sedangkan misi Unpatti adalah meningkatkan kualitas pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan berkarakter berbasis laut pulau.

Visi dan misi tersebut direlevankan dengan perkembangan zaman sehingga dapat membuat Unpatti menjadi perguruan tinggi bertaraf dunia.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024