Penjabat Wali Kota Ambon Dominggus N Kaya optimistis  pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ambon  2024 - 2029 mampu melahirkan inovasi dan kebijakan bagi kesejahteraan masyarakat. 

"Hari ini DPRD Kota Ambon resmi memiliki pimpinan baru untuk masa jabatan 2024- 2029, kami optimistis  mampu berkolaborasi dan melahirkan inovasi demi peningkatan kesejahteraan masyarakat, " katanya di Ambon, Jumat. 

Ia mengatakan, hari ini menjadi momentum bersejarah bagi DPRD Kota Ambon, karena pimpinan DPRD yang baru kali pertama Partai Nasdem dan Partai Perindo menduduki kursi pimpinan DPRD. 

Komposisi keanggotaan DPRD Kota Ambon periode ini juga diwarnai dengan banyak orang muda yang cerdas, energik, kompeten dan memiliki semangat kerja yang tinggi,sambil bersama-sama bergandengan tangan dengan para senior. 

"Karena itu sepantasnya ada banyak asa dan harapan bahkan impian dititipkan yang diberikan  oleh ketiga pimpinan DPRD yang baru, " katanya. 

Pemerintah Kota menitipkan beberapa pesan, bahwa sebagai pimpinan DPRD bukanlah sekedar jabatan atau kedudukan melainkan sebuah amanah untuk merealisasikan sebuah daerah yang lebih maju, sejahtera dan lebih bermartabat .

"Saya berharap pimpinan DPRD yang baru dilantik dapat meninggikan semangat, menguatkan komitmen, melapangkan ketulusan hati, serta berani sikap rela berkorban guna memenuhi tugas mulia ini dalam nuansa keharmonisan dan kebersamaan kedua lembaga," katanya. 

DPRD juga merupakan simbol dari demokrasi bangsa Indonesia, Wakil Rakyat dipercaya masyarakat kota Ambon untuk memperjuangkan aspirasi mereka melalui kolaborasi Sinergi dengan eksekutif guna melahirkan paket kebijakan yang berdampak bagi kesejahteraan dan hanya hidup orang banyak di kota ini.

Dengan kata lain, hakikat penyelenggaraan pemerintahan demokrasi yang efektif adalah pola kerja yang terbangun dalam semangat kemitraan sejajar efektif dan legislatif.

"Hendaknya memahami bahwa kita justru saling melengkapi saling mendukung dalam penghormatan atas setiap tugas dan fungsi yang ditetapkan konstitusi, " katanya. 

Ia menambahkan, kurang lebih dua bulan akan mengakhiri tahun 2024, ada sejumlah agenda strategis yang mesti diselesaikan bersama. 

"Saya berharap proses internal DPRD dapat segera dilengkapi dan dirampungkan, dengan harapan fungsi legislasi pengawasan dan anggaran sehingga ke depan lembaga DPRD dapat melahirkan produk legislasi yang relevan serta kompatibel dengan kepentingan jangka panjang, " katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024