Lembaga Ambon Music Office (AMO) mengemukakan keberadaan  hutan musik di Negeri Amahusu kota Ambon, Maluku  menjadi lokus keberlanjutan konsep Sound Of Green (SoG) pulau kecil.

Direktur Ambon Music Office (AMO) Ronny Loppies di Ambon, Rabu mengatakan hutan musik SoG Amahusu menjadi lokasi pelaksanaan  ASEAN Music Cities Forum 2024,  yang merupakan kolaborasi dengan institusi internasional dengan lokus pada Hutan Musik SoG.


Ia mengatakan, musik dan alam menjadi tema pelaksanaan ASEAN Music Cities Forum 2024, karena hubungan antara musik dan alam menarik untuk didiskusikan dalam konteks kota-kota musik dunia UNESCO di wilayah ASEAN.

Forum ini katanya, akan menjadi tonggak sejarah penting dalam membangun jejaring dan mempengaruhi dunia, untuk terus membicarakan musik selaku kekayaan budaya dan alam yang diciptakan Tuhan dalam upaya membangun kota dan masyarakat yang berkelanjutan.

Kegiatan tersebut akan dihadiri oleh Focal point pengembangan kota kreatif dunia, dari Korea Selatan,Thailand, Malaysia, dan Vietnam, dan sebuah organisasi besar dari Thailand yaitu DASTA .

Ia menyatakan, keberadaan hutan musik SoG secara tidak langsung berdampak pada pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), yakni mengurangi dampak perubahan iklim.

Termasuk mengurangi dampak longsor dengan semakin banyak pohon yang ditanam. Pohon-pohon itu juga menyumbang bertambahnya kadar oksigen, sehingga mampu mengurangi emisi karbon.

Hutan Musik SoG menjadi ikon Ambon sebagai kota musik, bukan saja menjadi tujuan wisata musik, tetapi juga dilengkapi dengan ruang pameran UMKM alam.

Keberadaan hutan musik sejalan dengan pengembangan pariwisata Kota Ambon menuju pariwisata musik pada kota musik dunia. Dampaknya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yang difokuskan di 10 tujuan wisata unggulan di lima kecamatan di Kota Ambon.

Ia menambahkan, pencapaian konsep ekonomi kreatif yang dicapai dalam skala lokal  melibatkan masyarakat lokal dan komunitas dalam pembangunan hutan musik SoG. 

"Ambon City of Music (ACoM) terus berbenah dengan mengandalkan budaya dan kreativitas sebagai pintu masuk membangun kota yang berkelanjutan," katanya. 

Seluruh aktivitas menjelang HUT ke-5 ACOM ini menjadi cikal bakal pergerakan Ambon city of music untuk membangun Asia Pasific lewat program Sound of Green.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024