Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku menggencarkan pembinaan Al Quran bagi para mahasiswanya sebagai persiapan menuju Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XVIII 2025.

"Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap Al Quran, membentuk karakter mahasiswa Islami melalui pembinaan keagamaan, serta mempersiapkan mahasiswa untuk berkompetisi di tingkat lokal dan nasional di ajang MTQ," kata Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unpatti, Dr Nur Aida Kubangun, di Ambon, Rabu.

Selain itu, menurut dia, hal itu juga guna meningkatkan keterampilan dalam membaca, memahami, dan mengamalkan isi kandungan Al Quran bagi mahasiswa Unpatti.

“Hari ini kita lakukan Pembukaan Program Pembinaan Musabaqah Tilawatil Quran tahun 2024, besok akan dilakukan seleksi selama dua hari, dan yang lolos seleksi akan mengikuti pembinaan selama 25 hari untuk mempersiapkan mereka mengikuti MTQ Mahasiswa Nasional,” kata Kubangun.

Ia juga mengatakan dalam pembinaan ini bukan saja mempersiapkan mahasiswa untuk meraih juara dalam lomba MTQ tingkat nasional, tetapi juga bagaimana dapat membentuk karakter mahasiswa yang berakhlak dan sesuai dengan ajaran Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Ia berharap Program Pembinaan Musabaqah Tilawatil Quran ini dapat menjadi langkah strategis dalam mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai Al Quran.

"Selain itu juga dapat melahirkan kader-kader Islami yang mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa, serta menjadi teladan di lingkungan kampus dan luar kampus," ujar dia.

Sementara itu Pembina MTQ Unpatti Fahrul Rozy Fakaubun menyampaikan teknis pelaksanaan pembinaan MTQ dimulai dengan pelatihan intensif.

"Ini merupakan langkah awal dalam menyongsong kegiatan MTQ dan mempersiapkan para mahasiswa dengan baik untuk menghadapi berbagai cabang lomba yang akan dipertandingkan di MTQ tingkat universitas maupun nasional," katanya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024