Kepolisian Daerah (Polda) Maluku memastikan bahwa pengamanan acara debat publik dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Maluku akan berjalan dengan tertib dan aman.

“Bagi personel kami minta laksanakan tugas dengan baik dan terus lakukan koordinasi antar satuan tugas (Satgas) dan personel di areal pengamanan untuk memastikan semuanya berjalan tertib,” kata Wakil Kepala Kepolisian Daerah Maluku Brigjen Pol. Samudi, di Ambon, Kamis.

Hal ini disampaikannya, saat mengecek kesiapan personel Satgas Operasi Mantap Praja (OMP) Salawaku yang akan mengamankan debat Pilkada pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku di Lapangan Letkol Pol (Purn) Chr. Tahapary, Ambon.

Saat mengecek kesiapan personel dan peralatan yang akan digunakan, Wakapolda didampingi para pejabat utama Polda Maluku.

Ia mengingatkan para personel pengamanan untuk tetap menjaga keselamatan diri dalam menjalankan tugas di lapangan. “Pastikan setiap orang yang akan masuk ke area debat terbuka benar-benar sudah terdata dan cuma 50 orang dari masing-masing paslon (yang masuk) sesuai keputusan KPU Provinsi Maluku," ujarnya.

Para personel juga diminta peka terhadap setiap perkembangan situasi yang terjadi di sekitar lokasi kegiatan. Ia mengingatkan personel siaga cadangan untuk selalu memonitor setiap rangkaian kegiatan di lapangan.

Wakapolda meminta personel yang bertugas memegang alat komunikasi agar dapat menggunakannya dengan baik. Sebab, mulai dari Markas Polda Maluku sampai di area lokasi pengamanan jaringan sudah dipastikan berjalan baik.

"Oleh karena itu gunakan alat komunikasi yang sudah diberikan dengan baik dan maksimal," pintanya.

Wakapolda juga mengimbau masyarakat untuk ikut menjaga ketertiban selama debat berlangsung. “Kami berharap masyarakat bisa menyaksikan debat dengan tertib dan damai. Debat adalah wadah bagi kandidat untuk menyampaikan visi dan misi mereka kepada publik,” tambahnya.

Ia menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi, serta berharap debat dapat menjadi sarana edukasi bagi pemilih. Dengan pengamanan yang solid, diharapkan acara ini dapat memberikan dampak positif terhadap partisipasi pemilih dalam Pilkada mendatang.

Dengan persiapan yang matang dan komitmen untuk menjaga keamanan, Polda Maluku bertekad menjadikan pelaksanaan debat sebagai momentum yang tidak hanya aman, tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat dalam menentukan pilihan mereka.

Diketahui, pelaksanaan debat terbuka Pilkada 2024 akan dilakukan oleh KPU Provinsi Maluku di salah satu hotel di Desa Suli, Kabupaten Maluku Tengah pada 26 Oktober 2024, pukul 10.00 WIT.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024