Ambon (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Ambon dan Vlissingen, Belanda akan melakukan kegiatan pemeriksaan dan penanggulangan penyakit mata bagi warga Kota Ambon dan sekitarnya.

Pemeriksaan dan penaggulangan penyakit mata akan dilakukan tim dokter Vlisiingen di Klinik mata Ambon-Vlissingen (AV) Desa Passo, 2-13 Maret 2015.

"Warga yang memiliki gangguan kesehatan mata dapat melakukan pemeriksaan dan tindakan lanjutan oleh tim dokter dari Berman Clinic Eye Center Belanda secara gratis di klinik mata AV," kata Kepala Klinik mata AV, Daniel Siegers, Rabu.

Menurut dia, kegiatan yang dilakukan tidak hanya sebatas pemeriksaan penyakit katarak tetapi seluruh penyakit yang dapat menyebabkan kebutaan.

"Pemeriksaan mata dimulai dengan screening pada tanggal 1 Maret dan dilanjutkan dengan tindakan operasi oleh tim medis. Aksi ini terbuka untuk umum dan akan diprioritaskan untuk masyarakat kurang mampu yang memiliki kartu Jamkesmas atau BPJS," katanya.

Daniel mengatakan, pihaknya tidak menargetkan jumlah pasien yang akan dilayani karena pemeriksaan dilakukan selama 12 hari kerja.

Warga kota yang ingin mendapatkan pelayanan dapat mendaftarkan ke Puskesmas terdekat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Ambon atau langusng ke klinik mata AV.

"Kami berupaya melayani seluruh masyarakat yang dapat untuk melakukan pemeriksaan, jika banyak yang harus melakukan tindakan operasi maka kami akan mendahulukan pasien yang kurang mampu," tandasnya.

Ia menjelaskan, selain pemeriksaan mata juga akan dilakukan pelatihan tenaga medis dan non medis penyakit mata.

"Pelatihan akan dilakukan bagi tenaga medis, karena di klinik mata kami masih terbatas tenaga sehingga tim dokter Belanda akan melatih para perawat," kata Daniel.

Ditambahkannya, operasional klinik Av telah dimulai Januari 2015 bagi seluruh warga kota Ambon, tetapi pelayanan bagi warga yang menggunakan BPJS akan dilaksanakan mulai Maret.

"Saat ini dalam proses pengurusan pelayana BPJS, jika sudah rampung akan dilanjutkan dengan penandatangan MOU untuk pelayanan BPJS di klinik mata," ujarnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015