Ambon (Antara Maluku) - Semua jemaah calon haji (JCH) asal Kota Ambon yang akan berangkat ke tanah suci Mekah, sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH).

"Jadi sudah tidak ada masalah lagi terkait BPIH," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Ambon Wahab Putuhena, di Ambon, Senin.

Besar BPIH untuk JCH asal Kota Ambon atau Maluku pada umumnya yang ditetapkan Pemerintah Indonesia sebesar 3.055 dolar AS atau turun sebesar 400 dolar dari tahun sebelumnya yang sebesar 3.496 dolar.

"Jadi uang Indonesia kisarannya sebesar Rp37 juta sekian, sesuai kurs yang berlaku sekarang," ujarnya.

Dia menjelaskan, pada penyetoran BPIH tahap pertama sejak tanggal 1-30 Juni 2015, hanya 192 orang JCH yang melunasi BPIH, kemudian perpanjangan waktu pelunasan tahap kedua yang dimulai tanggal 7-13 Juli 2015, tercatat 54 orang.

Dengan demikian JCH asal Kota Ambon yang sudah melunasi BPIH dan siap berangkat sebanyak 246 orang.

Dia menambahkan, terkait tiga orang yang menunda keberangkatan sampai sekarang ini Kankemenag Kota Ambon belum mendapat informasi lanjut dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku.

"Tetapi yang jelas tercatat 246 orang JCH sesuai jumlah kuota Kota Ambon sudah melunasi BPIH dan siap berangkat," ujarnya.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015