Ambon, 26/10 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon gencar melakukan promosi pariwisata di dalam maupun luar negeri, kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat, Henry Sopacua.

"Kami gencar melakukan promosi wisata ke berbagai daerah maupun negara dengan tujuan meningkatkan kunjungan dan membuka peluang investasi di daerah ini," katanya di Ambon, Senin.

Promosi pariwisata dilakukan di sejumlah negara yang selama ini menjadi tamu kunjungan di kota Ambon seperti Belanda, Jerman, Australia dan Jepang.

"Wisatawan dari negara-negara tersebut setiap tahun melakukan kunjungan ke Ambon, melalui rangkaian kegiatan kerja sama kota kembar maupun kunjungan yang bersifat pribadi, karena itu intensif melakukan promosi ke negara tersebut," katanya.

Menurut Henry, bentuk promosi yang dilakukan pihaknya yakni mengikuti pameran budaya di sejumlah negara.

Pemkot Ambon akan mengikuti pemeran Wonderful Indonesia di Melbourne, Australia pada 14- 15 November 2015. Di pameran tersebut nanti akan ditampilkan potensi seni, budaya, wisata bahari dan aneka kerajinan khas.

"Kami akan menampilkan potensi wisata alam dan bahari, seni dan budaya berupa tarian dan alat musik yang akan ditampilkan serta ekonomi kreatif masyarakat berupa kerajinan khas," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, upaya promosi juga dilakukan melalui kegiatan pasar malam yang diselenggarakan Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) Belanda dengan melibatkan seluruh provinsi di Indonesia.

Kegiatan pasar malam untuk mempromosikan kebudayaan serta pariwisata Indonesia, dengan menampilkan produk khas serta pentas seni budaya.

"Belanda merupakan salah satu pangsa pasar yang potensial di bidang pariwisata, banyak warga keturunan Ambon yang menetap di negara tersebut, sehingga kegiatan pasar malam merupakan kesempatan untuk mempromosikan pariwisata kepada mereka," katanya.

Ditambahkannya, industri wisata merupakan sektor terbesar ketiga yang berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Kami terus melakukan promosi dan terus mempersiapkan masyarakat ini supaya mereka siap. Seiring dengan promosi kami terus melengkapi fasilitas penunjang agar sejalan dengan upaya promosi yang dilakukan," tandas Henry.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015