Ambon, 22/7 (Antara Maluku) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon Hanafi Kasim mengatakan semua jamaah calon haji (JCH) asal Kota Ambon segera melakukan manasik haji untuk persiapan keberangkatan ke tanah suci.

"Kami akan melaksanakan manasik di ruang aula Kankemenag Kota Ambon selama dua hari 2-3 Agustus 2016," ujarnya di Ambon, Jumat.

Karena itu di imbau kepada seluruh JCH asal Kota Ambon untuk mengikuti kegiatan manasik tersebut sebab ada dua kegiatan satu hari teori dan satu hari praktek.

"Kegiatan manasik sangat penting sebab semua jamaah akan dibekali dengan ilmu dan dijamin pelaksanaan manasik sesuai dengan ketentuan dan cara pelaksanaan haji di tanah suci," ujarnya.

Dia mengatakan, Kankemenag Kota Ambon sebelum melaksanakan manasik terlebih dahulu sudah dilakukan kegiatan yang sama ditingkat kecamatan sebanyak delapan kali, dan untuk tingkat kota hanya dua kali saja.

"Jadi pelaksanaan manasik ini dilakukan sebanyak 10 kali, delapan di tingkat kecamatan dan dua kali di tingkat Kota," ujarnya.

Setelah Manasik maka semua JCH asal Kota Ambon siap berangkat ke embarkasi Makasar yang direncanakan sesuai jadwal keberangkatan yakni pada tanggal 24 dan 25 Agustus.

"Biasanya para jemaah ini nginap satu hari di embarkasi Makasar sebelum berangkat ke tanah suci," katanya.

Jumlah JCH asal Kota Ambon yasng akan berangkat nanti tercatat sebanyak 246 orang yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 12 embarkasi Makasar.

Sedangkan JCH asal Maluku secara keseluruhan termasuk dalam Kloter 12 dan 13 dan dijadwalkan akan berangkat ke Makasar pada tanggal 24 dan 25 Agustus 2016.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016