Ambon, 21/6 (Antaranews Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar apel bersama seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) setelah cuti bersama Idul fitri 1439 Hijriah.

Apel bersama dipimpin Wali Kota Ambon Richrad Louhenapessy, dihadiri Wakil Wali Kota Syarif Hadler, Sekretaris Kota, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh ASN di tribun Lapangan Merdeka, Kamis.

Wali Kota Richard meminta seluruh pimpinan OPD untuk melaporkan kehadiran ASN, mengingat cuti bersama yang diberikan pemerintah cukup panjang.

"Apel bersama seluruh ASN Ambon merupakan sebuah komitmen terhadap kebijakan yang dibuat pemerintah untuk libur bersama lebaran relatif cukup, sehingga hari ini kita berkomitmen untuk mulai beraktifitas tanpa ada ASN yang absen," katanya.
 
Pegawai Pemkot Ambon mengikuti apel pada hari pertama kerja pascaliburan Idul Fitri 1439 H, Kamis (21/6) (Penina Mayaut)

Ia menyatakan, dari data yang diterima pada absen pagi dari 2.189 ASN kota Ambon tidak sampai dua persen yang terlambat hadir di apel bersama ini.

"Saya optimis seluruhnya hadir, karena saat ini BKD masih merampungkan absen. Bisa saja terjadi hanya satu atau dua ASN yang tidak hadir, karena alasan kesehatan, tetapi selebihnya hadir termasuk pimpinan OPD yang tugas luar daerah telah kembali ke Ambon," ujarnya.

Richard menjelaskan, tidak memberikan toleransi bagi ASN yang menambah cuti Lebaran dengan memberikan sanksi.

Sesuai kebijakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), jika ada ASN yang tidak hadir tanpa alasan akan diberikan teguran.

"BKD juga akan memantau rumah kopi, tempat makan serta lokasi perbelanjaan yang kerap dikunjungi ASN, agar di hari pertama kerja setelah libur dimanfaatkan dengan baik untuk bekerja," tandasnya.
 
Pegawai Pemkot Ambon mengikuti apel pada hari pertama kerja pascaliburan Idul Fitri 1439 H, Kamis (21/6) (Penina Mayaut)

Ia menambahkan, tugas ASN adalah melayani masyarakat dengan bertanggungjawab terhadap pekerjaan, disertai disiplin kerja.

"Kita optimis ASN Pemkot Ambon dapat meningkatkan setiap pelayanan kepada masyarakat Kota Ambon dan juga harus meningkatkan kinerja kerja," katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018