Ambon, 18/10 (Antaranews Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan Pemerintah Vlissingen Belanda menigkatkan kerja sama di bidang kesehatan.

Peningkatan kerja sama itu ditandai dengan penandatangan Surat Minat atau Letter of Intent (LoI) antara Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy dan Wali Kota Vlissingen Bas Van Den Tillaar, di Ambon, Rabu.

Peningkatan kerja sama bidang kesehatan juga ditandai dengan kenaikan status klinik mata menjadi Balai Kesehatan Mata Ambon-Vlissingen di negeri Passo kecamatan Baguala.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyatakan, kehadiran klinik mata Ambon - Vlissingen sangat membantu masyarakat dalam memeriksakan kesehatan.

Dampak lain yang dirasakan masyarakat yakni pelayanan kesehatan operasi mata secara gratis, transfer teknologi kesehatan serta fasiltas perlengkapan yang semakin memadai.

"Seluruh pelayanan difokuskan bagi pengembangan sektor kesehatan khususnya mata, agar masyarakat dapat dilayani dengan baik," katanya.

Ia mengatakan, peningkatan status balai kesehatan mata maka bukan hanya masyarakat Ambon yang mendapatkan layanan, tetapi masyarakat Maluku dan Papua dapat melakukan pelayanan kesehatan

"Kerja sama ini berdampak bagi kesejahteraan masyarakat. Kita berharap kedepan status balai kesehatan mata dapat ditingkatkan menjadi rumah sakit mata Ambon-Vlissingen," ujarnya.

Wali Kota Vlissingen Bas Van Den Tillaar juga menyatakan, mata merupakan organ penting manusia, karena kesehatan mata sangat berpengaruh pada aktifitas lain.

"Kami memberikan perhatian yang besar bagi kerjasama bidang keehatan. Peningkatan status dari klinik ke balai merupakan perhatian kita terhadap kesehatan mata warga Ambon dan sekitarnya," katanya.

Ditambahkannya, kehadiran balai kesehatan mata Ambon-Vlissingen selain membantu meringankan beban penderita mata, juga sebagai wahana transfer ilmu baru bagi para tenaga kesehatan di Ambon.

"Kita fokus meningkatkan kerja sama dalam kurun waktu lima tahun terakhir, bukan hanya di bidang kesehatan tetapi juga kebersihan, lingkungan hidup dan pendidikan," tandasnya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018