Legislator Ternate, Maluku Utara (Malut) menilai, anjloknya Pendapatan Asli Daerah (PAD), karena pemkot setempat dalam tiga tahun terkahir tidak mampu menggerakkan SKPD pengelola PAD untuk mencapai target, bahkan mencapai target alami pun kesulitan.

"Kami telah mengingatkan kepada pemerintah Kota Ternate terutama Walikota, bahwa dalam tiga tahun terakhir PAD tidak pernah capai target dan harus dilakukan evaluasi terhadap kinerja SKPD," kata Mubin A Wahid di Ternate, Senin.

Olehnya itu, dia meminta laporan pertanggungjawaban ke Walikota Ternate, tetapi tidak ada upaya segera bersikap.

Bukan itu saja, dirinya menawarkan solusi kepada pemerintah harus melakukan penyegaran di OPD Pengelolah PAD, kemudian sistem manajemen Pengelolahan PAD, akan tetapi kenyataannya sampai saat ini tidak diambil langka oleh pemerintah.

"Itu yang DPRD sangat menyesalkan, buat apa DPRD melaksanakan pengawasan dan salah satunya kan DPRD melaksanakan fungsi pengawasan, dan pengawasan itu yang kemudian memberikan solusi kepada pemerintah kaitan dengan perbaikan pemerintahan ke depan," katanya.

Dia menambahkan, kalau walikota tidak mendengar tentunya DPRD memainkan peran sesuai tugas dan wewenang, buktinya, sekarang tambah anjlok.

Menurutnya, Walikota harus memberikan penyegaran kepada OPD pengelola PAD agar pungut retribusi atau pajak lebih bijak, jikalau mereka tidak mampu melakukan penyegaran lebih baik melakukan roling agar bisa bertanggungjawab dalam mengurus retribusi.

Dikatakannya, PAD pada tahun 2019 ditargetkan sebesar Rp153.234.457.600 yang direalisasi sebesar Rp96.425.003.776,58 atau 62,93 persen.

Sedangkan, dari beberapa sumber PAD, hanya pajak daerah yang melebihi target yakni ditargetkan sebesar Rp 50.100.000.000, yang direalisasi sebesar Rp 52,091.259.186,12 atau 103,97 persen.

Begitu pula, sumber-sumber PAD lainnya tidak memenuhi target seperti retribusi daerah ditargetkan sebesar Rp54.700.000.000 hanya dapat direalisasi sebesar Rp 16.980.872.337 atau 31,04 persen.

Dia mengatakan, terkait dengan rolling jabatan, pihaknya belum bisa memastikan karena jadwalnya belum ditayangkan, namun, kinerja yang dilaksanakan di masing-masing SKPD lingkup Pemkot Ternate banyak yang akan dirolling.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019