Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ambon menyiapkan desain ruang kreatif untuk mendukung infrastruktur Ambon sebagai kota musik dunia.

"Kita telah menyiapkan beberapa konsep desain ruang kreatif diantaranya akan dibangun konservatorium, museum musik kantor Ambon Musik Office dalam satu kawasan, " kata Kepala Dinas PUPR Ambon, Enrico Matitaputty, Rabu.

Dikatakannya, pembangunan ruang kreatif akan difokuskan di kawasan Poka kecamatan Teluk Ambon, dan direncanakan menjadi distrik kreatif.

Saat ini dalam proses pembebasan lahan yang dilakukan Badan Keuangan dan aset daerah.

Enrico mengakui, kunjungan staf khusus presiden Billy Mamabrasar di kota Ambon pekan lalu, kebijakan Presiden Joko Widodo untuk membangun Indonesia dari timur diwujudkan dengan membangun Youth Creatif Hub di kota Ambon.

Program Youth Creatif Hub merupakan instruksi langsung presiden Jokowi melalui dana APBD tahun 2020 sebesar Rp240 Miliar.

"Program tersebut akan disinkronkan dengan Pemkot Ambon yakni dibagian bawah untuk Youth Creatif Hub yakni tempat diskusi dan kreasi, lalu bagian atas dibangun ruang pertunjukkan untuk dukung Ambon sebagai kota musik dunia, " ujarnya.

Ia menjelaskan, beberapa alternatif sementara didiskusikan, target tahun 2020 konsep dan desain sejalan dengan pradesain.

Tahun depan anggaran akan dikucurkan, ditargetkan akan rampung untuk mendukung infrastruktur.

"Prinsipnya kita fokus menunjang infrastruktur pariwisata dengan penetapan ambon kota musik dunia dan pusat destinasi pariwisata yakni visit Ambon 2020, " ujar Enrico.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020