Proses lelang pembangunan pasar Mardika ditargetkan rampung Mei 2020, kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kota Ambon, Enrico Matitaputty.

"Proses lelang saat ini menunggu proses perencanaan selesai kita target akhir April atau Mei sudah jalan," kata Enrico di Ambon, Rabu.

Menurut dia, proses perencanaan dan lelang telah dikoordinasikan dengan pemerintah pusat yakni Direktorat Jenderal Cipta Karya yang akan melakukan lelang fisik.

"Setelah tahapan perencanaan rampung akan dilanjutkan lelang fisik dan direncanakan tahun ini mulai proses pembangunan yang dikerjakan dalam dua tahun anggaran," ujarnya.

Selama ini, Enrico menjelaskan proses lelang masih terkendala karena terjadi beberapa perubahan desain bangunan pasar Mardika.

Menurut rencana, pasar modern ini akan dibangun lima lantai yang akan menampung pedagang sayur, ikan, daging, buah-buahan serta pedagang yang menjual pakaian dan kebutuhan pokok lainnya.

Lantai satu hingga empat untuk menampung pedagang, sedangkan lantai lima untuk pusat jajanan.

"Terjadi beberapa perubahan desain, rencana awal menggunakan lift dan tangga, tetapi kita disarankan menggunakan eskalator, sehingga terjadi perubahan desain," ujarnya.

Ia menambahkan pasar tradisional ini akan direvitalisasi menjadi pasar modern yang terintegrasi dengan areal komersial serta sarana hiburan, transportasi laut dalam teluk dan terminal angkutan kota.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020