Kota Ambon menerima penghargaan sebagai kota dengan tingkat toleransi tinggi dari 94 kota di Indonesia versi Setara Institut.

Penetapan Kota Ambon, Provinsi Maluku sebagai kota toleran ini diberikan Setara Institut dalam acara peluncuran dan penghargaan index kota toleran 2020, di Jakarta, Kamis.

Irjen Kemendagri, Tumpang Haposan Simanjuntak, memberikan apresiasi kepada 10 Wali Kota yang berhasil menjaga toleransi di kota yang dipimpin.

"Penghargaan bidang administrasi pembangunan keuangan daerah sudah biasa, tetapi penghargaan dari Setara institut sebagai lembaga independen, sangat mumpuni karena melalui pendekatan ilmiah," katanya.

Dijelaskannya, keberhasilan sepuluh wali kota di Indonesia dalam menjaga toleransi di daerah, bisa menjadi rujukan bagi daerah lain di dalam mendukung konsep toleransi dalam tatanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Sepuluh wali kota ini telah memimpin kota dengan baik dan mendapat penghargaan dari Setara Institut yang merupakan lembaga independen dengan memakai sejumlah variabel atau data," katanya.

Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler menyatakan, Kota Ambon turun dua peringkat. Sebelumnya menempati urutan ke lima kota toleran, kini menempati urutan ke tujuh.

"Pemerintah Kota Ambon memberikan apresiasi kepada Setara Institut yang kembali merilis 10 kota dengan tingkat toleransi paling tinggi dari 94 kota di Indonesia", katanya.

Sebelumnya, Setara institut melakukan penelitian menggunakan sejumlah variabel sistemik di kota yang mempengaruhi perilaku sosial antaridentitas dan entitas warga kota yang meliputi kebijakan-kebijakan pemerintah kota, tindakan aparatur pemerintah kota, perilaku entitas warga dengan warga, pemerintah dengan warga, dan relasi-relasi dalam heterogenitas demografi warga kota.

Selain itu, pemilihan kota sebagai objek kajian, didasari pada komposisi penduduk di perkotaan lebih heterogen di banding kabupaten.

Setara Institut dalam penelitiannya memberikan skor sebesar 5.733 kepada kota Ambon sebagai kota dengan tingkat toleransi paling tinggi ke tujuh dari sepuluh kota paling toleran di Indonesia.

Sepuluh kota toleransi paling tinggi versi Setara Institut yakni Kota Salatiga dengan Skor (6.717), Kota Singkawang (6.450), Manado (6.200), Tomohon (6.183), Kupang (6.183), Surabaya (6.003)

Selanjutnya Kota Ambon (5.733), Kediri (5.583), Sukabumi (5.546) dan Kota Bekasi (5.530).

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021