Desa (Ohoi) Hako Kecamatan Kei Besar Selatan Barat Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku, merupakan salah daerah yang masyarakatnya menggantungkan hidupnya pada sumber daya alam dan sumber daya laut.

Miliki kekayaan alam baik darat maupun laut dengan panaroma yang indah, tapi tidak seindah apa yang dirasakan masyarakat Ohoi tersebut.

Masyarakat belum menikmati listrik dari PLN dan kesulitan dalam mengakses air bersih serta jalan, dimana penerangan memanfaatkan masyarakat memanfaatkan genset dan harus mendayung sampan guna mengangkut air tawar untuk pemenuhan kebutuhan mereka sehari-hari, dan juga jalan aspal ataupun hotmiks belum terkoneksi dengan Ohoi sekitar.

Bertepatan dengan pembagian bantuan pemberdayaan kepada masyarakat berupa sarana penangkapan ikan dan pertanian Bupati Malra M Thaher Hanubun berkesempatan bersua dengan warganya di Ohoi Hako.

"Mohon maaf, mungkin selama saya di lantik menjadi kepala daerah saya belum sampai disini, namun apa yang kalian rasa, turut saya rasakan," kata Thaher.

Baca juga: Pemkab Malra fokus pembangunan infrastruktur tahun anggaran 2022, perlu dukungan masyarakat

Kita masih menderita, karena sebagian dari kita belum menikmati listrik belum menikmati kemudahan air bersih dan juga jalan seperti Ohoi ini dan lainnya.

"Usaha dan perjuangan saya upayakan terus menjawabnya, saya tidak mau janji apa-apa, tapi yang masyarakat pikirkan dan rasa, itu saya rasa, tapi untuk menjawabnya harus pelan-pelan tidak semudah membalik telapak tangan," ujar Thaher.

Oleh karena itu, sehubungan dengan air bersih yakni air tawar untuk Ohoi Hako dan Ngurko ini sudah kita survei, dimana sumber airnya sudah saya lihat langsung di Tamangil dan sudah dianggarkan untuk dapat menjangkau Ohoi ini di tahun 2022.

Begitu pula terkait listrik dan jalan, sudah juga disurvei oleh instansi teknis untuk jalan masuk ke Ohoi ini, karena otomatis jika jalannya jadi maka infrastruktur listriknya juga akan dibangun, ini harus terjawab dalam waktu dekat, jelas Thaher.

Sementara itu, sehubungan dengan bantuan pemberdayaan bagi masyakat Ohoi Hako, merupakan program pemberdayaan masyarakat desa yakni empat buah spead boat tangkap ikan bagi empat kelompok dan penyertaan modal tani bagi satu kelompok tani.

"Saya harap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, untuk pemenuhan ekonomi masyarakat lebih khusus penerima bantuan." pinta Thaher.

Baca juga: Pemkab Malra berencana pinjam dana bangun pasar MTH Elat, pemerataan pembangunan
Baca juga: Pemkab Malra sediakan lima kapal Puskesmas Keliling di Kei Besar, begini penjelasannya

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021