Desa Soinrat di Kabupaten Maluku Tenggara Provinsi Maluku meraih juara II Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kepala Dinas Pariwisata Maluku Tenggara  Sarah Far-Far melalui siaran pers yang diterima di Ambon, Kamis menyampaikan  prestasi  ini merupakan salah satu anugerah yang disambut positif berkat kerja keras dinas bersama jajaran Kelompok Sadar Wisata.

Menurut dia pada kesempatan itu juga menerima piagam penghargaan masuk Rekor MURI kategori fenomena alam surut terekstrem.

Far-Far menjelaskan, lomba bertajuk Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tersebut diikuti  4.573 desa dari seluruh provinsi di Indonesia. 

Tahun ini Desa Wisata Soinrat berhasil masuk dalam 75 besar Desa Wisata ADWI 2023 dan pada  Juni mendapat penilaian lapangan oleh Dewan juri dan kunjungan dari Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf RI Indra Ni Tua.

"Dari 4.573 desa wisata sebelumnya telah diseleksi 300 besar, 100 besar, dan lolos hingga masuk 75 besar. Hasilnya pada Malam Puncak ADWI  tanggal 27 Agustus 2023 bertempat di Teater Tanah Airku TMIII.  Desa Wisata Soinrat berhasil meraih Juara 2 Kategori Daya Tarik Pengunjung ADWI 2023," kata  Far-Far.

Berkat bantuan serta dukungan dan motivasi dari Bupati Malra, M. Thaher Hanubun dan seluruh masyarakat Maluku Tenggara pada malam yang sama puncak Anugerah Desa Wisata Indonesian kita juga berhasil  memperoleh piagam penghargaan dan tercatat masuk dalam Museum Rekor Indonesia (Rekor MURI) untuk fenomena alam surut terekstrim.

Desa Wisata Soinrat memiliki potensi daya tarik wisata yang luar biasa, diantaranya wisata alam dan budaya yaitu Air Terjun Ai Moun Ni Ohoi, Pulau Karodi, Wisata Minat Khusus Bird Watching, Ritual Yail Vat Morlean, Rinin, tarian dan Nyanyian adat serta potensi wisata lainnya yang siap memanjakan setiap pengunjung dan memberikan pengalaman tak terlupakan. 

Adapun kategori penilaian dalam ADWI adalah Daya Tarik Pengunjung, Kategori Homestay & Toilet, Kategori Souvenir, Kategori Digital Kreatif, Kategori Kelembagaan & CHSE. 

"Selain itu pada  2020  di ajang yang sama, Desa Wisata  di Maluku Tenggara yaitu Ohoi Ngilngof juga berhasil meraih juara 1 Klasifikasi Desa Wisata Maju,"ungkap Far-Far. (DS).





 

Pewarta: Relis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023