Dinas Perhubungan (Dishub) Maluku mengatakan, penghargaan bandara terbaik yang diberikan dalam acara The 2023 ACI Customer Experience Global Summit menjadi hadiah istimewa di Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2023.  

“Pada kesempatan ini kita ada hadiah istimewa dari Bandar Udara Internasional Pattimura  mendapat penghargaan bandara terbaik,”  kata Kepala Dishub Maluku Muhammad Malawat, di Ambon, Minggu.

Penghargaan ini berhasil diraih PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon sebagai pemenang dalam Kategori Bandara dengan kapasitas kurang dari 2 juta penumpang per tahun. 

Menurutnya, ini adalah kado terbaik yang perlu dipertahankan bagi insan perhubungan di Provinsi Maluku. 

 

“Karena inovasi dan pembangunan infrastruktur transportasi dalam wujud modernisasi, tidak hanya mendorong Indonesia menjadi negara maju, juga berimplikasi kuat bagi pembangunan yang berkelanjutan,” ujarnya. 

 

Ia berharap kepada seluruh jajaran perhubungan agar terus dapat bekerja sama, berkolaborasi dan bersinergi secara optimal dengan para operator, pemangku kepentingan, mitra kerja dan pemerintah daerah.

 

“Kerja bersama sangat dibutuhkan untuk mendorong pemanfaatan secara optimal infrastruktur transportasi yang telah dibangun dan pemberian pelayanan terbaik kepada masyarakat,” harap Malawat. 

 

Sementara General Manager PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon Shively Sanssouci mengaku  bangga dengan penghargaan tersebut. 

 

“Dan ini menjadi hadiah untuk hari perhubungan dan kami persembahkan ini untuk Provinsi Maluku,” kata Shively.

 

Ia mengaku, meskipun telah mendapatkan penghargaan tersebut, tetapi hal ini tidak membuatnya puas. Artinya, ke depan akan terus memperbaiki pelayanan Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon.

 

“Tentunya kami pastikan akan kami pertahankan apa yang telah diberikan. Namun kami juga terus meningkatkan dari segi pelayanan, kebersihan dan yang pasti keselamatan dan keamanan penerbangan,” ucapnya. 

 

Sebelumnya, capaian itu melengkapi penghargaan bandara terbaik di kawasan Asia Pasifik pada ajang Airport Service Quality (ASQ) tahun 2022 yang diberikan dalam acara The 2023 ACI Customer Experience Global Summit diselenggarakan di Incheon, Republic of Korea pada 4-7 September 2023.

 

Selain penghargaan tersebut, Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon juga memperoleh 3 (tiga) penghargaan pada Airport Service Quality (ASQ) AWARDS Tahun 2022, yaitu Airport with the Most Dedicated Staff in Asia Pacific, Easiest Airport Journey in Asia Pacific dan Most Enjoyable Airport in Asia Pacific.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023