Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) membantu menyalurkan ratusan buku dan air bersih bagi warga di SBB, Maluku.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk mewujudkan kepedulian dalam meningkatkan literasi dan minat baca bagi kalangan pelajar, serta kepedulian terhadap lingkungan.

“Penyaluran tersebut sebagai bukti kepedulian kami terhadap literasi yang menyasar sejumlah desa, dan warga yang kesusahan air di kabupaten tersebut,” kata Wakapolres Kompol La Udin Taher, di Ambon, Sabtu.

Penyaluran ratusan paket buku bacaan itu diberikan kepada pelajar di SD BPD Laiuen, Kecamatan, Seram Barat, SBB. Sementara air bersih yang bersumber dari sumur buatan personil Bhabinkamtibmas diberikan kepada Desa Buano Utara, dan Buano Selatan.

Terkait literasi, ia berharap bantuan ini dapat meningkatkan minat baca masyarakat terutama generasi muda, nantinya dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

"Kami mengajak kepada kita semua agar mari kita sama-sama membantu generasi muda kita dalam meningkatkan minat baca dengan cara memanfaatkan buku-buku bekas di rumah kemudian ditempatkan dalam satu wadah perpustakaan," ungkapnya.

Dikatakan, kegiatan Polri peduli budaya literasi menyasar desa, negeri dan dusun, dapat mensosialisasikan kepada masyarakat lain, agar nantinya minat baca dari generasi muda semakin tinggi.

"Semoga budaya literasi ini bisa terus kita tingkatkan di tengah-tengah kehidupan anak-anak era digitalisasi ini," ujarnya.

Menurutnya, pada era teknologi saat ini, buku-buku pun sekarang sudah banyak yang sifatnya bentuk digital sehingga apa yang dilihat bersama saat ini minat membaca buku sangat jauh menurun.

Sehingga ia mengajak, masyarakat terutama para pelajar untuk terus memacu minat baca anak, meskipun era modernisasi saat itu pengaruhnya cukup besar.

"Kita tingkatkan terus budaya baca sehingga generasi kedepannya memiliki ilmu dan pengetahuan yang tidak terbatas," pintanya.

Sementara air bersih yang diberikan, Dennie mengungkapkan Bhabinkamtibmas Desa Buano Utara, Bripka Hendro Tehutora kini tengah melayani masyarakat desa binaan, untuk mengambil air pada sumur buatannya yang diberi nama sumur Bhayangkara.

“Memang selama ini masyarakat di desa Buano Utara dan Buano Selatan, sedikit alami kesulitan untuk mendapatkan air bersih, namun kini sudah tidak lagi sebab telah disediakan sumur bhayangkara oleh personil Bhabinkamtibmas di wilayah tersebut,” katanya.

Menurutnya, Bhabinkamtibmas menyampaikan imbauan masyarakat untuk memanfaatkan sumur bhayangkara tersebut, sebagai penyambung kehidupan keseharian mereka.

”Sumur Bhayangkara akan selalu melayani masyarakat dengan ikhlas tanpa dipungut biaya sekecil apapun. Kesehatan kita sangatlah bergantung pada air yang kita konsumsi dengan demikian hindarilah mengkonsumsi air payau maupun genangan air pada kolam-kolam kecil yang ada di hutan,” ucapnya.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023