Polda Maluku mendukung pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) melalui dakwah berkolaborasi dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Maluku.

“Kerja sama antara Polda Maluku dan Kanwil Kemenag Maluku selama ini berjalan sangat baik. Banyak program-program pemerintah yang sifatnya keagamaan dilaksanakan bersama-sama, termasuk memelihara kamtibmas melalui cara-cara dakwah,” kata Kapolda Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif di Ambon, Senin, pada acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid At-Taqwa, Tantui, Kota Ambon.

Lotharia meminta  sinergi ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan karena kaitannya dengan pesta demokrasi 2024.

Semua instansi pemerintah punya kewajiban untuk dapat berperan menjaga pelaksanaan Pemilu yang aman, damai, penuh dengan persaudaraan dan persatuan, ujarnya.

Di sisi lain, Kapolda mengatakan peringatan maulid Nabi dilaksanakan secara serentak mulai dari tingkat Mabes Polri, Polda hingga sampai di Polres jajaran.

“Maulid Nabi ini dilaksanakan secara serentak meski waktunya berbeda-beda mulai dari tingkat Mabes Polri, Polda dan polres-polres jajaran," katanya.

Ia juga mengatakan peringatan Maulid Nabi Muhammad 2023 ini mengusung tema "Dengan Meneladani Akhlak Rasulullah SAW, mewujudkan Polri Presisi Indonesia maju".

"Kita patut mensyukuri semua yang kita lakukan, kita masih diberikan kesehatan, dan semoga Allah SWT terus melindungi kita," ucapnya.

Irjen Latif mengatakan sebagai umat Muslim wajib meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW, yakni  siddik (orang yang jujur), amanah (orang yang dapat dipercaya), fatanah (orang yang pandai atau cerdas), dan tablig (orang yang menyampaikan kebenaran).

Kapolda mengaku empat sifat Nabi Muhammad SAW tersebut semuanya ada pada tugas dan tanggung jawab Kepolisian.

“Kita harus jujur, dapat dipercaya, kita juga diminta untuk cerdas, dalam artian menguasai kompetensi kita dan terakhir adalah tablig, kita juga harus menyampaikan kebenaran, tidak hanya untuk diri kita tapi juga untuk masyarakat dan orang lain," jelas Kapolda.

Ia mengatakan, Islam mengajarkan bagaimana memberikan kedamaian bagi saudara-saudara sesama umat manusia. Islam tidak mengajarkan untuk memaksakan kehendak orang lain.

Kakanwil Kemenag Maluku, Yamin mengajak personel Polda Maluku yang hadir untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT. Dalam ungkapan syukur yang Allah berikan terbagi dalam dua bagian. Pertama syukur atas fasilitas yang diberikan negara, dan kedua syukur atas fasilitas yang diberikan Allah SWT.

"Yang pertama Alhamdulillah hari ini kita menjadi anggota polisi. Nah bagaimana kita bisa mewujudkan polisi presisi Indonesia maju, itu adalah salah satu bagian yang terpenting," kata Yamin.

Peringatan hari kelahiran Rasulullah SAW ini dihadiri langsung oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif beserta pejabat utama dan personel Polda Maluku yang beragama Muslim.

Turut hadir Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, H. Yamin, sekaligus memberikan hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW.

Peringatan Maulid Nabi diawali pembacaan Dzikir 99 Asmaul Husna, yang kemudian dilanjutkan dengan lantunan ayat-ayat suci Alquran.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023