Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Maluku Utara (BKKBN Malut) menyosialisasikan kegiatan kelas orang tua hebat seri 10 dengan tema Yuk Maksimalkan Fungsi Keluarga untuk pembentukan karakter positif anak dan memberi pembinaan secara berkelanjutan bagi keluarga.

"Kami mendorong semua penyuluh KB bergabung pada Kelas KERABAT karena saya ingin menggerakkan penyuluh KB yang ada di Maluku Utara mengikuti dan bergabung, kapasitasnya ditingkatkan sehingga mereka punya bekal saat melakukan pembinaan di lapangan," kata Kepala BKKBN Maluku Utara Nuryamin saat dihubungi di Ternate, Jumat.

Dia menjelaskan, Halmahera Barat sudah menjadi Ikon kita, perjalanannya ke sana selama hampir tiga jam menggunakan alur darat.

Nuryamin juga sangat mengapresiasi kadernya di sana dan agar bisa berbuat lebih banyak lagi.

Baca juga: BKKBN Malut rumuskan isu strategi pengendalian penduduk

 "Mengenai penginputan KKA kita akan mulai serentak semua Penyuluh KB dibantu kader-kader, sehingga akan terbaca semua di system terkait peran atau anggota orang tua BKB dalam memperkuat kelas Kerabat,” kata Nuryamin.

Dia menjelaskan, banyak kendala yang dihadapi oleh kader-kader di lapangan, seperti kendala cuaca, iklim serta letak geografis Maluku Utara sendiri yang mayoritas adalah laut.

Adapun penguatan dari Bappeda kabupaten Halmahera Barat, yaitu dalam RPJMD Kabupaten Halmahera Barat salah satu yang menjadi prioritas pemerintah kabupaten Halmahera Barat adalah penanganan stunting (Ggangguan pertumbuhan pada anak).

Bappeda Kabupaten Halmahera barat menyampaikan targetnya di 2024 nanti penurunan 10 persen, dan di tahun 2022 menurunkan dari 30 persen menjadi 23 persen.

Baca juga: BKKBN Maluku Utara siapkan bidan pelayanan KB di pulau terpencil
 
Sementara, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Halmahera Barat, Rosfintje Kalengit menyatakan komitmennya untuk melanjutkan apa yang disepakati dengan BKKBN Pusat lewat Duta Orang Tua Hebat.

"Kami bersyukur kader BKB terpilih menjadi terbaik. Kami akan bersama-sama untuk membina BKB agar menjadi lebih baik. Yang penting bagi kami dari sekian banyak kader harus lebih peduli lagi untuk BKB," katanya.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Ibu Nurlina, Kader Bina Keliarga Balita (BKB) Kelurahan Gufasa) dan BKKBN Pusat karena sudah peduli dengan Halmahera Barat, walaupun di bagian timur juga tetap diperhatikan.


Baca juga: BKKBN Malut perkuat peran penyuluh dan PLKB

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023