Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Yapono, melakukan penandatanganan kesepakatan dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambon, terkait pendampingan hukum penanganan perkara perdata dan tata usaha negara (TUN).

Kerja sama yang dilakukan dengan Kejaksaan Negeri Ambon untuk menata PDAM yang lebih baik, kata Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena, Senin. 

"Kerja sama dilakukan guna menyelesaikan permasalahan yang terjadi di PDAM, karena ada hal-hal yang kami tidak bisa jangkau, sehingga dengan bantuan Kejari dalam rangka optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) menata dan memperbaiki tata kelola guna pengembangan ke depan," katanya di Ambon, Senin.

Ia mengatakan, kerja sama yang dilakukan dalam rangka pendampingan hukum penyatuan PT. DreAm Sukses Airindo (DSA) Kota Ambon PDAM Tirta Yapono.

Selama ini pelayanan air bersih di kota Ambon dilakukan PDAM PDAM Tirta Yapono dan PT. DreAm Sukses Airindo (DSA), pihaknya berencana untuk menggabungkan menjadi perusahaan yang hanya dipimpin satu manajemen.


Baca juga: Kejari Ambon bantu PDAM tagih tunggakan pelanggan, begini penjelasannya

"Tidak mudah untuk menggabungkan dua perusahaan penyuplai air bersih ke warga Ambon , mengingat ada banyak persyaratan dan kewajiban yang harus bisa dipenuhi, sehingga butuh pendampingan dari Kejari," katanya.

Ia menjelaskan, melalui pengelolaan yang baik, maka apa yang dimiliki Pemkot ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di kota ini.

"Minimal dapat memperbaiki tata kelola Pemkot dalam berbagai aspek khususnya di PDAM Tirta Yapono Ambon, " katanya.

Kepala Kejaksaan Negeri Ambon, Adhryansah berharap, kerja sama antar Kejari dan Pemkot dapat terus ditingkatkan.

Diharapkan kerja sama ini dapat terus ditingkatkan kita melakukan hal yang sama terhadap Pemkot dalam hal penyelamatan parkir kemudian di tindaklanjuti di PDAM.

"Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini bermanfaat dan dapat dinikmati oleh masyarakat banyak di kota ini. Baik di tata kelola, anggaran, dan administrasi," ujarnya.


Baca juga: Tunggakan pelanggan PDAM di Ambon mencapai 30 persen tiap bulan

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023