Sebanyak 27 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Provinsi Maluku lulus pelatihan kepemimpinan administrator angkatan IX melalui pelatihan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Maluku.

"Apresiasi yang tinggi kepada Kepala BPSDM Provinsi Maluku beserta seluruh jajaran yang telah melaksanakan kegiatan ini, sebagai upaya membangun kompetensi ASN yang profesional dan unggul," ucap Sekda Maluku Sadali Ie di Ambon, Jumat.

Menurutnya paradigma tentang kepemimpinan sudah mengalami perubahan seiring pertumbuhan zaman, pelatihan kepemimpinan administrator cukup penting untuk diasah dan dipahat, pada awalnya memimpin identik dengan hal yang ingin terus dilayani dan dihormati.

"Namun kini pemimpin justru harus berubah menjadi pelayanan untuk masyarakat," katanya.

Ia melanjutkan Pelatihan Kepemimpinan Administrator adalah salah satu upaya, untuk mengembangkan kompetensi ASN yang mampu memberikan pelayanan terbaik dalam urusan pemerintahan, salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kinerja aparatur yakni dengan mengembangkan kompetensi Aparatur Sipil Negara.

“ASN dalam hal ini pemimpin birokrasi pemerintahan, harus mengikuti pelatihan dalam rangka mewujudkan birokrasi kelas dunia (world class beureaucracy)," kata dia.

ASN sebagai pelaku utama juga dituntut untuk mengaktualisasikan kinerja pelayanan semaksimal mungkin, baik pelayanan publik yang bersifat langsung maupun tidak langsung

Ia melanjutkan, ASN sebagai Pemimpin harus dapat memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan tupoksi sehingga masyarakat mampu melihat dan memberi pengaduan terkait sistem kinerja pemerintah yang baik untuk keberlangsungan pembangunan daerah.

“Saudara-saudara yang telah dinyatakan lulus ini dituntut memiliki pemikiran yang cerdas dan inovatif mampu membawa perubahan bagi daerah," tuturnya.

Ia berharap peserta yang telah dinyatakan lulus dalam mengikuti pelatihan kepemimpinan administrator ini akan menjadi pejabat yang unggul dan menjadi figur dan panutan bagi bawahan serta dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca juga: Sekda Maluku harap pelatihan kepemimpinan PNS mampu perbaiki birokrasi

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023