Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif, melantik sebanyak 230 orang Bintara remaja Polri yang telah mengikuti Pendidikan dan Pembentukan Bintara (Diktuba) Polri gelombang kedua tahun 2023 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Maluku.

Pelantikan dan pengambilan sumpah ini dirangkai dalam upacara penutupan Diktuba Polri gelombang kedua tahun 2023 yang berlangsung di Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Kota Ambon.

"Kepada seluruh Bintara dan Tamtama Polri yang dilantik agar tetap berpegang teguh dan mengamalkan nilai-nilai Tribrata serta Catur Prasetya dalam setiap langkah pengabdian sebagai insan Bhayangkara, membangun komunikasi positif dengan masyarakat serta perkuat sinergitas dan solidaritas dengan personel TNI di lapangan dalam memelihara kamtibmas yang kondusif," kata Kapolda, di Ambon, Kamis.

Kapolda juga mengingatkan para Bintara remaja bahwa waktu lima bulan yang diberikan menjalani pendidikan dan pembentukan merupakan awal menjalankan tugas di lingkungan Polri.

“Mulai hari ini, inilah tantangan yang sebenarnya dengan estimasi waktu mungkin kalian 30 sampai 38 tahun melaksanakan tugas di Polri," katanya.

Latif berharap tidak ada lagi pelanggaran sekecil apapun yang dilakukan, baik kode etik, disiplin maupun pidana.

"Sebanyak 230 orang yang dilantik hari ini saya berharap sampai nanti selanjutnya, kecuali memang Tuhan yang memutuskan lain kalian akan tetap utuh dalam melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab," pintanya.

Ia berharap Bintara terus menjalin sinergitas dan soliditas yang baik dengan personel TNI ataupun seluruh elemen masyarakat dalam memelihara kamtibmas yang kondusif di wilayah Maluku.

"Pendidikan di SPN ini adalah modal awal, tetapi tantangan yang sesungguhnya yaitu mulai hari ini dan selanjutnya ke depan. Siapkan fisikmu untuk terus melaksanakan tugasmu dengan penuh keikhlasan dengan penuh rasa tanggung jawab," ujarnya.
 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023